Friday, 01 July 2022


Kelas Berkebun 2022 Digelar, TP PKK DKI Jakarta Bagikan Benih Sayur dan Buah

16 Jun 2022, 13:13 WIBEditor : Herman

Penyerahan Benih PT East West Seed Indonesia Pada TP PKK Jakarta | Sumber Foto:Indri

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Kesuksesan Kelas Berkebun tahun 2021 lalu membuat program ini berlanjut. Tim Penggerak (TP) PKK DKI Jakarta kembali mengadakan kegiatan Kelas Berkebun tahun 2022 untuk meningkatkan kapasitas Kader PKK dan Masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan.

Pokja III TP PKK Provinsi DKI Jakarta mengundang Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta bersama PT East West Seed Indonesia pada acara penyerahan Benih Tanaman Sayuran dan Buah bertempat di Gedung PKK Melati Jaya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (13/6).

Kelas Berkebun yang berhasil dilaksanakan pada tahun 2021, di tahun 2022 ini kembali akan dilaksanakan dalam rangka Peningkatan Kapasitas Kader PKK dan Masyarakat dalam Pemanfaatan Tanah Pekarangan melalui Kelas Berkebun Tahun 2022.

Sebanyak 1.584 sachet benih sayur dan buah telah diterima oleh TP PKK Provinsi DKI Jakarta bersama dengan TP PKK tingkat Kota/Kabupaten se-DKI Jakarta. Adapun jenis benih yang diberikan yaitu Kangkung, Sawi, Bayam, Pakchoy, Kailan, dan Terong Ungu untuk kelas pemula, sementara benih yang diberikan untuk kelas lanjutan terdiri dari Kembang Kol, Bawang Merah, Timun, Cabe Rawit, dan Melon Alisha.

“Alhamdulillah benih yang sudah kami terima cukup banyak, harapannya nanti hasil panen yang telah kita budidayakan dapat dinikmati bersama,” ujar Ketua Bidang Penguatan Ketahanan Pangan Keluarga, Komariah Marullah.

TP PKK Provinsi DKI Jakarta juga sangat berterimakasih kepada Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta dan PT East West Seed Indonesia yang telah mendukung dan memfasilitasi acara Kelas Berkebun, sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Kelas berkebun merupakan salah satu rangkaian kegiatan di Akademi Urban Farming, hasil kolaborasi Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, TP PKK Provinsi DKI Jakarta dan PT East West Seed Indonesia, serta Dinas Lingkungan Hidup sejak tahun 2021.

Kegiatan ini akan diikuti oleh sekitar kurang lebih 2.640 peserta dengan rincian 1.320 kelas pemula dan  1.320 kelas lanjutan dari 5 wilayah kota dan 1 kabupaten Kepulauan Seribu di DKI Jakarta.

“Dinas KPKP selalu berupaya untuk memperkenalkan pertanian kepada masyarakat DKI Jakarta yang masih awam dalam melakukan budidaya pertanian, sehingga Kelas Berkebun untuk Pemula terus dilakukan untuk tahun 2022. Kami rencananya juga akan mengenalkan budidaya pertanian secara organik, kolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk materi kelas berkebun lanjutan,” kata Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Mujiati.

Sementara itu Corporate Engagement Manager PT East West Seed Indonesia, Freddy Reynaldo. Menyampaikan bahwa PT East West Seed Indonesia sangat berterimakasih kepada Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta dan TP PKK Provinsi  DKI Jakarta atas kepercayaannya. Dan berharap kolaborasi ini dapat terus berlanjut dan bermanfaat bagi warga DKI Jakarta. 

Reporter : Indri
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018