Monday, 08 August 2022


Dari Jeruk, Lhok Sandeng Pidie Jaya Miliki Potensi Ekonomi

25 Jul 2022, 15:00 WIBEditor : Gesha

Tim Ahli Distanbun Aceh, Ir Teuku Iskandar, M.Si | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Pidie Jaya --- Tim Ahli Distanbun Aceh, Ir Teuku Iskandar, M.Si  yang berasal dari Pidie Jaya ini memberikan beberapa catatan penting dalam membangun kawasan Lhok Sandeng, khususnya dalam perluaaan areal jeruk. 

"Hal ini penting, pasalnya Jeruk Peras yang beredar seluruh kota di Aceh masih dipasok dari Pantai Buaya, Sumut. Peluang bisnisnya dari jeruk Sarah mane?... Maka...ini perlu extensifikasi atau perluasan areal," timpalnya.

Lebih lanjut Teuku Iskandar mengemukakan bahwa kawasan jeruk Sarah Mane menjadi peluang bisnis baru. "Artinya, untuk memenuhi kebutuhan jeruk di Aceh tanpa tergantung lagi dengan Medan," tegas penyuluh senior ini.

Sambungnya, kita juga perlu mengkondisikan perluasan areal tanaman jeruk, terutama jeruk yang sudah adaptif di Sarah Mane. "Khusus di lokasi ini harus ada perbanyakan bibit jeruk secara vegetatif (okulasi) sehingga terjadi peningkatan nilai tambah ekonomi," ungkitnya. 

Menurutnya, untuk mendukung hal tersebut perlu berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak. "Termasuk keterlibatan tenaga teknis pertanian yang mampu melakukan dan mengajarkan petani Sarah Mane dalam hal perbanyakan bibit jeruk.

Kalau perlu petani dimagangkan ke Balitjestro, Malang, Jawa Timur. Ini, tentu perlu campur tangan Dinas Teknis Kabupaten Pidie Jaya," bebernya.

Hal lain yang penting dilakukan ungkap ex Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh adalah membangun kawasan Agro Techno Park sebagai ajang wisata buah dan edukasi (pembelajaran) bagi petani.

Tak hanya itu, Kuncinya adalah, untuk membentuk Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) dalam satu kawasan tersebut. Karena ini menjadi kekuatan ekonomi dalam usaha on-farm (input perawatan kebun) seperti pupuk dan obat - obatan, biaya perawatan kebun secara mandiri," tandasny

Disamping itu dengan KEP dapat memperkuat agribisnis kawasan perkebunan terutama Net Working dengan lembaga permodalan (Perbankan) dan jaringan pemasaran hasil. Tidak hanya pemasaran lokal saja tapi ada jaringan antar daerah kabupaten/kota di Aceh.

Reporter : AbdA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018