Wednesday, 17 August 2022


Bupati Identifikasi Pohon Indukan Durian Lokal Bantal Emas

01 Aug 2022, 16:00 WIBEditor : Gesha

Pj. Bupati Aceh Jaya dan Kepala BPSB-TPHP Aceh (pegang durian) bersama tim obervasi. | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Aceh Jaya --- Pj Bupati Aceh Jaya dan tim melakukan tinjauan dan observasi langsung ke lokasi kebun Durian di Gunong Kuali Desa Rigah kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya (26/7).  Kegiatan ini untuk eksplorasi, identifikasi calon pohon induk tunggal (PIT) durian unggul lokal varietas Bantal Emas yang akan diusulkan ke Sekretariat Tim Penilaian Pelepasan Varietas Hortikultura (TP2VTPH untuk menjadi varietas unggul nasional (VUN).

"Hasil observasi awal ini menunjukan bahwa kualitas durian lokal Aceh Jaya memiliki rasa yang nikmat dengan tekstur yang memikat warna emas dan membuat kita ketagihan untuk mencicipinya," ungkapnya. 

Pihaknya juga mengintruksikan agar segera di perbanyak bibit nya untuk menjaga ketersediaan durian varietas lokal. Untuk tahap awal akan diperbanyak 10 rb bibit yang akan disebarkan ke Mesjid, Meunasah dan kantor Desa. "Ke depan diharapkan hasil durian ini akan kita tangani pengolahan Durian lokal sebagai bahan baku dodol, es krim dan aneka makanan lainnya yang bersifat Agro Industri berbasis Masyarakat," ujarnya.

Sementara Kepala BPSB -TPH Distanbun Aceh, Habiburrahman, S.TP, MSc menyebutkan kehadiran Bapak Pj. Bupati dan unsur terkait  sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah dalam mendukungan sertifikasi durian lokal. Habib yang juga Sekretaris Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI) Aceh merasa optimis atas keunggulan Durian lokal dari Aceh Jaya. 

Dijelaskan, peluang durian ini akan berhasil menjadi VUN karena adanya dukungan pemerintah kabupaten Aceh Jaya. "Kedepan daerah ini akan menjadi Pusat Perbenihan Hortikultura spesifik Durian lokal yang akan menjadi varietas unggul nasional (VUN)," ujarnya optimis. 

Pihaknya terus berupaya untuk dapat terealisasi pada tahun 2023 ini sesuai semangat dan dukungan Bapak Pj. Bupati, Dr Nurdin. "Aceh Jaya Kerja Bersama Si Bantal Emas Juara...," imbuhnya.

Kadistan Aceh Jaya, T. Resa Fahlevi mengucapkan terimakasih kepada tim BPSB dan pihaknya berjanji akan mendukung sepenuhnya terkait pelepasan durian lokal untuk menjadi varietas unggul nasional. "Selain durian Bantal Emas, Aceh Jaya dalam 2 tahun terakhir juga sudah mendaftarkan komoditi hortikultura Jengkol Lembah Kuali di Kementrian Pertanian tinggal tunggu perlepasan saja," ungkapnya bangga.

Emas Adi, petani durian Bantal Emas sangat bersyukur dan senang atas observasi tim Provinsi apalagi mendapat dukungan penuh Pj Bupati Aceh Jaya Dr Nurdin, S.Sos, M.Si yang menggunakan Trail dan berjalan kaki menuju kebun. "Ini merupakan kunjungan perdana Bupati selama Kabupaten ini dimekarkan," pungkasnya. 

Selain Pj Bupati Aceh Jaya hadir juga dalam rombongan Kadistan, T Reza Fahlevi MM dan Kabid TPH Fadlon Mirza sedangkan dari Provinsi Ka. BPSB, Kasi Pengawasan dan Sertifikasi Hortikultura Anwar, Pemulia Pak Amrullah dan Pengawas Benih Tanaman (PBT) bersera Penyuluh setempat.

 

Reporter : AbdA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018