Rabu, 28 September 2022


Dukung Ketahanan Pangan dan Agribisnis, Tim PKM Abulyatama Latih Teknologi Hidroponik

15 Agu 2022, 16:11 WIBEditor : Gesha

Pelatihan Hidroponik untuk KWT | Sumber Foto:Abda

TABLOIDSINARTANI.COM, Banda Aceh -- Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Abulyatama (Unaya) melakukan pelatihan teknologi budidaya sayuran hidroponik kepada KWT Banna Tani untuk mendukung ketahanan pangan dan agribisnis.

"Ini merupakan Program PKM hibah DRTPM-Kemdikbudristek tahun 2022," ujar Ketua Tim Elvrida Rosa, S.P., M.P didampingi Dedhi Yustendi, S.Pt., M.Si (Fakultas Pertanian Unaya Aceh) dan Cut Delsie Hasrina, SE., M.Si.,Ak (Fakultas Ekonomi Unaya Aceh). 

Elvrida Rosa menambahkan, kegiatan tersebut untuk meningkatkan keterampilan, pemahaman dan berkelanjutan tentang teknik budidaya sayuran hidroponik bagi kelompok wanita tani (KWT) Banna Tani di Gampong Kota Baru Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh. 

Turut hadir dalam pelatihan tersebut selain anggota KWT Banna Tani, Keuchik dan perangkat Gampong juga dosen dan mahasiswa Universitas Abulyatama. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) sambung Elvrida Rosa, merupakan program pengabdian kepada masyarakat. Paradigma baru ini adalah ingin menjalankan program yang sifatnya problem solving, komprehensif, bermakna, tuntas, dan berkelanjutan (sustainable) dengan sasaran yang tidak tunggal. Kegiatan ini tidak hanya mensosialisasikan suatu teknologi dan solusi. "Namun, harus mampu menyelesaikan masalah di masyarakat secara tuntas dan berkelanjutan serta mendorong masyarakat menjalin kemitraan yang berujung pada kegiatan wirausaha," jelasnya.

Elvrida Rosa yang juga Ketua Bidang Kewirausahaan dan Pengabdian Masyarakat Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI) Aceh dan tim yakin melalui kegiatan ini peserta selain memahami juga bisa meningkatkan keterampilan hingga pemasaran hasil produksi."Melalui pelatihan ini peserta bisa menghasilkan sayuran segar maupun produk olahan pangan bernilai ekonomis untuk mendukung program ketahanan pangan," ujarnya optimis. 

Ketua KWT Banna Tani, Noor Azlinda Aldani menyebutkan kegiatan ini sangat bermanfaat baik secara softskill maupun hardskill yang bisa dimanfaatkan untuk mendirikan usaha sendiri (wirausaha) maupun berkarir di perusahaan dengan tujuan untuk membantu meningkatkan pendapatan keluarga. "Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada Tim PKM Universitas Abulyatama yang menjadikan KWT kami sebagai kelompok binaan secara berkelanjutan," tuturnya.

 

H. Eddy Erwinsyah, S.T selaku Keuchik Gampong Kota Baru, mengapresiasi Tim PKM  Abulyatama yang telah berpartisipasi penuh dalam melaksanakan kegiatan mulai dari sosialisasi sampai dengan tahap pelatihan teknik budidaya hidroponik untuk anggota KWT. 

 

"Semoga kegiatan ini bisa terus diterapkan secara nyata dan berkelanjutan," tutupnya.

Reporter : AbdA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018