Jumat, 23 Februari 2024


Mentan SYL : Buah Tropis Bikin Awet Muda

21 Sep 2023, 15:28 WIBEditor : Gesha

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengajak masyarakat konsumsi buah tropis asli Indonesia | Sumber Foto:Nattasya

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor -- Siapa yang tidak ingin tampil awet muda? Temukan rahasia kecantikan dan kesehatan alami dengan mengonsumsi buah-buahan Tropis, salah satunya buah mangga.

Dalam rangkaian HUT ke 1 Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP), Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan seluruh jajaran eselon 1 Kementerian Pertanian melakukan fun walk bersama seluruh karyawan karyawati UPT BSIP di Bogor. 

Selesai fun walk, Mentan SYL memasuki berbagai stand BSIP yang memamerkan beragam komoditas Pertanian yang terstandarisasi, salah satunya mangga yang tergolong buah Tropis unggulan Indonesia.

Di depan patung yang terdiri dari puluhan jenis mangga, Mentan SYL menuturkan dirinya bangga Indonesia memiliki berbagai buah Tropis dengan segala keunggulannya. "Buah Tropis Bikin Sehat, Buah Tropis Bikin Awet Muda. Jadi kalau mau Awet Muda, makan buah-buahan Tropis Indonesia," sebutnya.

Mentan SYL kemudian melanjutkan, kandungan mineral dan gizi dari buah Tropis yang membuat Awet Muda. "Di mangga ini ada zat yang membuat anti aging. Ayo kita makan buah mangga," ajaknya.

Ajakan ini pun ditambahkan oleh Kepala BSIP Kementan, Fadjry Djufri. Menurutnya, buah-buahan Tropis Indonesia beraneka ragam dengan keunggulan tersendiri. Tak hanya dikonsumsi untuk pasar domestik, pasar ekspor juga menjadi incaran. 

"Karenanya, Standardisasi penanganan pascapanen untuk kebutuhan pasar dalam negeri maupun ekspor dari buah Tropis menjadi tugas dari BSIP," sebutnya. 

Melansir Health Me Up, konsumsi rutin mangga juga dapat mengurangi bintik-bintik gelap pada kulit, noda dan jerawat. Buah tropis ini juga mampu untuk meremajakan dan menghidupkan kembali kulit Anda.

Peremajaan kulit oleh mangga dilakukan dengan menunda penuaan dan pigmentasi. Sebab, kandungan dalam mangga dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker kulit.

Selain itu, mangga mengandung banyak vitamin C dan dapat membantu mencegah jerawat. Mangga yang dihaluskan juga dapat diterapkan pada kulit karena merupakan pelembab alami, dapat mengencangkan kulit dan mencegah pori-pori membesar.

Mangga juga bisa digunakan untuk mengobati komedo, dengan mencampur satu sendok teh mangga yang dihaluskan dengan setengah sendok teh susu dan madu. Oleskan campuran ini pada komedo dan gosok dengan lembut.

Selain bermanfaat untuk kecantikan, mangga mengandung banyak sekali zat yang bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, kalsium, dan fosfor.

Buah berdaging oranye ini juga ternyata bisa mengobati asam lambung dan gangguan pencernaan. Hal ini disebabkan ada enzim tertentu pada mangga yang dapat menenangkan perut.

Banyaknya kandungan pektin dan vitamin C membuat mangga berguna untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Kandungan kaliumnya membantu dalam mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah.

Belum lagi senyawa antioksidannya. Kandungan ini dapat melindungi Anda dari gangguan pada usus besar, kanker payudara, leukemia dan kanker prostat. 

Mangga juga memiliki efek meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit karena mengandung sejumlah besar tembaga, selenium, seng dan kalium yang penting untuk tubuh yang sehat. Selain itu, seratnya yang tinggi juga bisa membantu mencegah sembelit.

Reporter : Nattasya
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018