Kamis, 18 Juli 2024


Mulai Tanam Cabai, Petani Sinjai Harap Ekonomi Meningkat

22 Nov 2023, 12:54 WIBEditor : Herman

Tanam Perdana Cabai di Kabupaten Sinjai | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Sinjai --- Petani di kabupaten Sinjai muali melirik komoditas cabai sebagai komoditas pertanian mereka. Hal tersebut ditandai dengan penanaman perdana yang dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa di Desa Arabika, Kecamatan Sinjai Barat. Diharapkan dengan cabai ekonomi masyarakat di Sinjai dapat meningkat.

Penanaman bibit cabai keriting perdana ini dilakukan di lahan milik Kelompok tani Mitra Horti Desa Arabika. Selain Sekda, penanaman juga dilakukan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai. H. Kamaruddn, Sekretaris DPTP,  Abdul Waris, Camat Sinjai Barat, Andi Nasrun dan Kepala Desa Arabika, Andi Ariyanto.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Sinjai mengatakan  budidaya tanaman cabai ini di harapkan dapat meningkatkan pendapatan petani.

“Semoga tanaman cabai yang kita tanam hari ini dapat tumbuh subur dan menghasilkan buah cabai dengan kualitas yang sangat baik,” ucapnya.

Tak hanya itu, penanaman cabai ini juga sebagai upaya untuk menekan inflasi daerah.

“Jadi kami juga berharap kepada petani kita agar lahan-lahan yang kosong dimanfaatkan untuk penanaman seperti cabai dan lainnya demi meningkatkan pendapatan kita,” pintanya

Sementara itu, Kadis TPHP Sinjai, H. Kamaruddin menjelaskan bahwa penanaman perdana cabai ini merupakan swadaya masyarakat. Adapun jenis cabai yang ditanam adalah cabai keriting.

“Kami dari TPHP akan selalu memberikan perhatian kepada petani kita, salah satunnya dengan melakukan pendampingan melalui penyuluh pertanian yang ada didesa,” katanya.

Sebelumnya, Sekda Sinjai juga menerima 130 mahasiswa jurusan agroteknologi dan agrobisnis fakultas Pertanian dan Peternakan dari Universitas Muslim Maros (UMMA)  di Kecamatan Sinjai Barat.

Penerimaan mahasiswa UMMA untuk melakukan peraktek lapangan selama dua hari di Kecamatan Sinjai Barat Ini, berlangsung di Aula Kantor Desa Arabika

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018