Sabtu, 20 April 2024


Inginkan Masyarakat Punya Kebun, Kementan Bagikan Bibit Buah

14 Des 2018, 21:06 WIBEditor : Gesha

Memasyarakatkan benih buah di Blitar dan Kediri | Sumber Foto:HUMAS HORTIKULTURA

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Kediri --- Awal Desember ini, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Hortikultura memberikan bantuan  bibit buah kepada masyarakat. Kegiatan fasilitasi bibit tersebut dilaksanakan di beberapa titik  kecamatan di wilayah Kediri dan Blitar.

Kedua kawasan tersebut merupakan kawasan yang sangat potensial untuk dikembangkan berbagai jenis  tanaman utamanya buah – buahan, mengingat agroklimatnya sesuai untuk buah tropis. Bantuan benih tersebut diberikan langsung kepada 10 Kelompok Tani di Kota Kediri dan 8 Kelompok Tani di wilayah Kabupaten Blitar.

Wujud bantuan bibit untuk Kota Kediri dan Kabupaten Blitar tersebut di antaranya bibit kelengkeng Kateki, durian Otong dan mangga Manalagi 69. Bibit yang diperbantukan kepada kelompok tani di kedua wilayah tersebut merupakan benih yang sudah disertifikasi dan telah dilakukan uji lapang oleh pengawas benih tanaman setempat.

Kepala Seksi Produksi Dinas Pertanian Kota Kediri , Tito Sumarsono mengatakan, “Bibit bantuan ini merupakan bibit yang sudah dilepas pemerintah dan telah tersertifikasi. Diharapkan adanya bantuan bibit buah untuk kelompok tani binaan Dinas Pertanian Kota Kediri ini dapat bermanfaat bagi kelompok tani tersebut dan bisa berdaya guna untuk kesejahteraan anggotanya”.

Adapun beberapa kecamatan yang mendapatkan bantuan bibit di antaranya kecamatan Mojoroto, kecamatan Kota dan kecamatan Pesantren. Petani mengaku senang dengan adanya bantuan benih tersebut.

“Kami berterima kasih kepada Kementerian Pertanian dan Dinas Pertanian Kota Kediri yang telah memberikan bantuan bibit buah kepada kelompok tani kami. Kami merasa sangat terbantu dengan bibit buah ini”, ujar Mohammad As’ad selaku ketua kelompok tani Harapan Jaya, kelurahan Tempurejo, kecamatan Pesantren.
 
Sedangkan di kabupaten Blitar, bibit buah disalurkan  untuk wilayah kecamatan Binangun, kecamatan Wonodadi, kecamatan Sanan Kulon dan  kecamatan Nglegok.

Nevi Setya Budiningsih mengucapkan terima kasih dan merasa senang dengan adanya bantuan bibit buah ini untuk kelompok tani di wilayah Kabupaten Blitar. Semoga dengan adanya bantuan benih buah ini, petani dapat lebih mandiri dan sejahtera”, tutur Nevi Setya Budiningsih, Kepala bidang TPH dan Pangan Kabupaten Blitar.

Bahkan di antaranya, untuk bantuan benih yang diberikan kepada kelompok wanita tani (KWT) diharapkan menjadikan para anggotanya untuk berdaya dan mandiri.

Siti Rodiyah, ketua KWT Onchi Orchid’s, desa Sumberrejo, kecamatan Sanan Kulon  mengungkapkan, “Bibit buah yang kami terima ini, akan kami bagi kepada 16 anggota kelompok tani kami, dimana semuanya beranggotakan ibu-ibu rumah tangga, agar nantinya ibu-ibu tersebut dapat lebih berdaya dan bisa lebih mandiri”.

Sukarman, Direktur Perbenihan Hortikultura, menjelaskan bahwa kegiatan fasilitasi benih bermutu kepada masyarakat ini merupakan kegiatan tahunan di mana sasarannya adalah kelompok tani yang merupakan binaan Dinas Pertanian setempat.

"Sasarannya yakni kelompok tani yang merupakan binaan Dinas Pertanian setempat. Bertujuan agar kelompok tani lebih berdaya, sejahtera dan wilayahnya dapat berkembang menjadi sentra produk hortikultura", jelasnya.

Reporter : Rico
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018