Friday, 07 May 2021


Harga Bawang Putih Meroket

17 Apr 2013, 05:19 WIBEditor : administrator
Cirebon - Harga bawang putih di Cirebon melonjak drastis. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, saat ini harga bawang putih sudah mencapai Rp 40 ribu per kilogram. "Naiknya sedikit-sedikit, tapi terus-terusan sejak sebulan terakhir ini," kata Ida, seorang pedagang di Pasar Pagi, Kota Cirebon, Senin, 4 Maret 2013.

Awalnya, harga bawang putih per kilogram hanya Rp 20 ribu, lalu naik menjadi Rp 25 ribu, hingga mencapai Rp 40 ribu.

Selain bawang putih, komoditas sayuran lain yang mengalami kenaikan harga adalah tomat. Saat ini harga tomat sudah mencapai Rp 12 ribu per kilogram. Harga ini mengalami kenaikan secara perlahan dari sebelumnya hanya Rp 6 ribu per kilogram.

Begitu juga dengan cabai rawit. Harga cabai rawit saat ini mencapai Rp 30 ribu per kilogram. "Sebelumnya hanya Rp 12 ribuan. Terus naik perlahan hingga mencapai Rp 30 ribu," kata Ida.

Harga bawang merah juga naik menjadi Rp 26 ribu per kilogram dari sebelumnya hanya sekitar Rp 18 ribu per kilogram.

Pedagang tidak tahu penyebab meroketnya komoditas pertanian ini. "Katanya, sih, terserang hama, tapi mana saya tahu benar tidaknya," kata Ida.

Kenaikan komoditas pertanian ini dikeluhkan konsumen. Tutty, seorang pengelola rumah makan, mengatakan kenaikan yang terjadi betul-betul memberatkan. "Naiknya gila-gilaan. Jadi bingung kasih harga ke makanannya," kata dia.

IVANSYAH
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018