Saturday, 19 September 2020


Tarmat, Sukses Panen Bawang Merah di Lahan Gambut

12 Nov 2013, 16:07 WIBEditor : Kontributor

Lahan gambut kerap dianggap sebagai lahan marginal yang sulit untuk budidaya tani. Apalagi untuk pengembangan komoditi hortikultura seperti bawang merah.

Tapi dengan usaha keras, ternyata lahan gambut bisa dioptimalkan untuk usaha pertanian. Salahsatu contoh keberhasilan Tarmat membudidayakan bawang merah. Sebenarnya keinginan Tarmat menanam komoditas ini cukup lama terpendam. Namun selama ini terkendala dengan bibit bawang merah.

Dengan bantuan Pemerintah Daerah Kalimantan Tengah akhirnya Tarmat bisa mendapatkan benih unggul bawang merah. Untuk membantu petani mengembangkan bawang merah, Dinas Pertanian dan Peternakan Kalimantan Tengah berkolaborasi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Tengah, dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Tengah.

Ketiga institusi membantu petani dalam pengadaan benih dan kapur, fasilitasi pendanaan, pelatihan dan penyuluh, serta petaniserta pendampingan teknologi kepada petani. Varietas bawang merah yang dikembangkan adalah Super Philip. Bibit tersebut didatangkan langsung dari Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Dipilihnya varietas Super Philip karena varietas ini memiliki penampilan relatif baik di musim kemarau maupun musim hujan.

Dari dua hektar lahan gambut, Tarmat memilih blok yang belum pernah ditanami sejak membuka lahan tahun 1980–an.  Alasannya, lahan gambut yang baru dibuka tidak akan memegang air terlalu kuat dan sangat porous, sehingga air cepat hilang jika ada hujan lebat. “Jika lahan gambut yang digunakan sudah matang dan halus, maka umbi bawang merah akan cepat busuk dan penyakit akan meningkat,” katanya.

Tarmat mengakui, bedengan yang dibuat cukup sempit hanya berukuran 0,8 meter  dengan gawangan selebar 0,5 meter dan tinggi 20 cm.  Namun ia yakin dengan ukuran tersebut sudah cukup mengatus air.  Jarak tanam adalah 20 x 10 cm mengikuti lebar bedengan.

Informasi lebih lengkap baca EDISI CETAK TABLOID SINAR TANI (info berlangganan SMS ke : 081317575066).

Editor : Julianto

BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018