Friday, 07 May 2021


Mentan Apresiasi Kemitraan Inti Plasma Hortikultura

16 Apr 2013, 21:18 WIBEditor : administrator
Gresik – Menteri Pertanian, Dr. Ir. Suswono, MMA memberikan apresiasi terhadap program Kemitraan Inti Plasma Hortikultura dalam Kawasan Bisnis Berbasis Inovasi di Desa Sukodono, Gresik Utara pada Senin (1/4/2013).
”Saya sangat mengapresiasi upaya pengadaan Kawasan Bisnis Khusus Hortikultura. Program ini bisa menjadi jawaban atas persoalan yang selalu dihadapi pemerintah terkait dengan persoalan importasi  produk hortikultura," katanya
Menurut Mentan, selama ini pemerintah terus mendorong petani lokal untuk menanam komoditas hortikultura tanpa merusak alam. ”Program ini sejalan dengan apa yang digalakkan pemerintah,” tambahnya.
Rencananya, di Kawasan seluas 2000 hektare ini akan ditanami mangga jenis Malaba. Diharapkan, mangga yang dihasilkan di kawasan ini dapat memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri hingga pasar ekspor di luar negeri. "Iniasiatif ini yang ditunggu-tunggu. Ini dapat memberdayakan petani," katanya.
Optimisme Mentan terhadap Kawasan Bisnis Khusus Hortikultura ini terkait dengan potensi Indonesia sebagai daerah tropis yang lahannya sangat bagus untuk ditanami komoditas mangga. Apalagi, selama ini mangga Indonesia sangat diminati pasar ekspor seperti Timur tengah, China, Hongkong, Singapura, Malaysia hingga Eropa. “Jadi peluangnya sangat besar,” tukas Mentan
Untuk itu, ke depan Mentan meminta agar mangga yang dikembangkan disesuaikan dengan minat pasar.  ”Di luar negeri, mangga yang digemari adalah yang warnanya menarik seperti jingga dan kuning. Nah, jenis inilah yang harus dikembangan. Jadi yang harus diperhatikan betul adalah rasa mangga yang enak, menarik dan bisa tumbuh sepanjang tahun. Karena kita ketahui antara April – Agustus, mangga tidak berbuah,” jelasnya.
Sumber: Biro Umum dan Humas
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018