Sunday, 11 April 2021


Itang Sulaeman, Memodifikasi Alat Pengering Gabah

17 Mar 2015, 20:26 WIBEditor : Tiara Dianing Tyas

Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Karya Mukti merupakan Gapoktan pasca mandiri, yang mendapat bantuan Penguatan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (P-LDPM) pada 2009 dan sampai saat ini pembukuan kelompok dinilai  masih tertib dan teratur.

Berbagai kemajuan yang dicapai Gapoktan Karya Mukti tak lepas dari kepiawaian Itang Sulaeman dalam memimpin anggota kelompoknya.

Bersama segenap pengurus kelompok, pria yang bertempat tinggal   di Desa Dalem Balar, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten ini giat menggerakkan petani untuk melakukan pola tanam serempak dan menerapkan sistem penanaman  Jajar Legowo (Jarwo), yang dapat meningkatkan produktivitas dari 4 ton  menjadi 7-8 ton gabah kering giling (GKG) per hektar.

Gapoktan ini juga mempelopori sistem pola tanam SALIBU (sekali tanam panen berkali-kali) di wilayahnya sehingga petani dapat panen 3–4 kali dalam setahun.

Modifikasi RMU

Menurut Itang, Gapoktan yang dipimpinnya  telah membuat dan memodifikasi sendiri alat pengering gabah dengan kapasitas 10 ton dan dibiayai secara swadaya oleh anggota Gapoktan. Dengan alat ini pengeringan  gabah tidak terpengaruh oleh cuaca, sehingga anggota Gapoktan dapat melakukan penggilingan dan tunda jual.

Selain itu, Gapoktan Karya Mukti  mampu melakukan modifikasi terhadap alat penggiling padi atau Rice Milling Unit (RMU) untuk penghematan pemakaian bahan bakar dan tenaga kerja.

Saat ini, pihaknya sedang mencoba dan menggali informasi untuk memodifikasi alat pengering bantuan dari Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (P2HP), karena alat tersebut menghasilkan gabah kering dengan kualitas hasil kurang bagus.

Berkat segala upaya yang dilakukan, Gapoktan yang dipimpin oleh Itang  ini menerima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara 2014 yang diberikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.   Tia/Ira

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018