Sunday, 11 April 2021


Jajanan Sehat di Kantin Sekolah

25 Mar 2015, 18:34 WIBEditor : Kontributor

Dewasa ini, marak sekali kantin yang tidak memenuhi standar kesehatan, terutama kantin yang ada di sekolah-sekolah dasar. Kasus keracunan yang menimpa anak-anak SD adalah salah satu dampak dari tidak beresnya kantin sekolah, utamanya dalam menyajikan jajanan buat anak-anak SD. Di samping kualitas jajanan yang tidak sehat, faktor lainnya yang bisa saja mempengaruhi kesehatan anak-anak sekolah adalah fasilitas kantin yang tidak memadai, terkesan seadanya saja.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kasus keracunan anak yang bisa menyebabkan kesehatan mereka terganggu, sehingga tidak bisa belajar dengan baik di sekolah, maka Badan Ketahanan Pangan Daerah (BKPD) Provinsi Sulawesi Selatan memberikan bantuan peralatan kantin sekolah sehat.

Dari enam daerah kabupaten/kota yang mendapat bantuan salah satunya adalah Kabupaten Luwu Utara, (SDN Nomor 089 Masamba dan SDN Nomor 087 Katokkoan). Daerah lainnya adalah Makassar, Maros, Soppeng, Tana Toraja, dan Luwu Timur.

Wakil Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, yang menyerahkan secara langsung bantuan tersebut kepada pihak sekolah, mengapresiasi adanya bantuan yang diberikan Pemerintah Sulsel. “Penghargaan ini merupakan hal yang luar biasa karena di Sulsel hanya ada 6 daerah yang menerima bantuan seperti ini, dan Luwu Utara salah satunya. Saya menganggap ini merupakan kepercayaan dari pemerintah provinsi untuk kami laksanakan dengan baik di sini,” ujar Indah.

Indah dalam sambutannya juga berjanji akan melanjutkan program pengembangan dan pembinaan model sekolah sehat dari pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk kemudian diterapkan juga di Kabupaten Luwu Utara, sehingga program tersebut bisa betul-betul dirasakan manfaatnya bagi anak-anak sekolah, bukan hanya anak-anak SD, tetapi juga anak-anak sekolah pada tingkatan di atasnya. “Insya Allah, program pemerintah provinsi ini akan kami jadikan program stimulan, untuk kemudian kami lanjutkan di Kabupaten Luwu Utara,” ujar  Indah berjanji.

Kasus Keracunan

Sementara itu, Kepala BKP3 Luwu Utara, Marthina Simon, yang juga turut hadir mendampingi Wakil Bupati membeberkan beberapa data terkait kasus keracunan yang kerap menimpa murid SD. Katanya, kasus keracunan pangan yang masih saja terjadi pada anak-anak SD disebabkan karena minimnya pengetahuan para pengelola kantin sekolah bagaimana menciptakan kantin sehat yang memenuhi standar kesehatan.

“Data dari Balai POM Makassar sejak tahun 2012 telah terjadi 11 kasus keracunan pangan di Sulsel di mana 18,2% berasal dari jajanan anak sekolah. Karenanya perlu upaya pemerintah dalam mencegah dan meminimalisasikan kasus tersebut dengan memberikan bantuan peralatan kantin sehat ini, saya kira sudah tepat,” ujar Marthina.

Dia juga menghimbau kepada seluruh pengelola sekolah, tidak hanya yang mendapat bantuan, agar mampu menciptakan model kantin sekolah yang sehat. Salah satu syarat kantin sehat menurut Marthina adalah mempunyai washtafel untuk tempat cuci tangan, lengkap dengan sabunnya. “Saya berharap semua sekolah yang ada di Lutra ini memiliki kantin yang sehat, yang menyediakan jajanan sehat dan aman dikonsumsi serta pengelola kantin harus menghindari penggunaan zat kimia berbahaya pada makanan yang dijual,” tegas Marthina.

Pada kesempatan yang sama, di hadapan para murid SD yang hadir, Kasubid Ketahanan Pangan BKPD Sulsel, Ir. Selfiana Adriyani, M.Adm.Pemb, menekankan agar anak-anak SD sudah sepatutnya menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih jajanan di sekolah. Sudah bukan rahasia lagi, kata Selfi, bahwa jajanan anak-anak sekarang sudah jauh dari standar kesehatan. Banyaknya makanan dan minuman yang mengandung bahan-bahan pengawet yang tersedia di kantin sekolah, sudah tidak diperdulikan lagi. Anak-anakku ini sudah saatnya menjadi konsumen yang cerdas. Jangan lagi mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet. Pihak pengelola kantin sekolah juga harus selektif menyediakan jajanan bagi anak-anak kita,” himbau Selfi. Lukman Hamarong/Ira

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018