Sunday, 11 April 2021


Zaenal Arifin, Ajak Masyarakat Kembangkan Olahan Pangan

27 May 2015, 17:47 WIBEditor : Tiara Dianing Tyas

Zaenal Arifin, pengusaha jenang “Karomah” merupakan salah satu tokoh masyarakat di Desa Kaliputu, Kota Kudus, Jawa Tengah. Di samping bergerak di usaha bisnis olahan pangan ia juga aktif mengembangkan kegiatan pertanian, peternakan dan pengembangan sumberdaya manusia.

  Sebagai panutan masyarakat, Zaenal mampu menggerakkan warga desanya untuk turut berperan aktif dalam pengembangan usaha menghasilkan produk jenang (dodol) yang memiliki sejarah di Desa Kaliputu. Ia juga mendorong pendirian kelompok-kelompok usaha di bidang produksi jenang.

Saat ini kelompok paguyuban jenang telah berkembang lebih dari 40 pengusaha jenang skala kecil dan menengah. Bahkan sejak tahun 2010, Desa Kaliputu  telah ditetapkan menjadi Desa Sadar Wisata dengan salah satu tujuan utama sebagai cluster industri olahan pangan dan festival jenang tebokan tiap 1 Muharam. Dengan semakin majunya industri olahan ini, kesejahteraan masyarakat setempatpun semakin meningkat.

Bahan Baku Lokal

Belakangan Zaenal mampu mengembangkan diversifikasi produk yaitu dari sisi varian rasa, jenis produk dan inovasi penggunaan bahan baku dengan memanfaatkan  pangan lokal non beras, non terigu didukung dengan perluasan pemasaran, pengemasan produk, efisiensi proses produksi dan penyerapan banyak tenaga kerja.

 Kreasi dan inovasi produk yang dihasilkan seperti jenang Jalejo (Jagung, Kedelai dan Kacang Hijau), jenang pisang, jenang susu, jenang kedelai, jenang kacang hijau, jenang kacang tanah, jenang waluh, jenang gaplek, jenang wijen, jenang rumput laut, jenang tape singkong dan jenang tepung mocaf. Kesemua produk dikemas sedemikian rupa sehingga  berhasil menarik perhatian  konsumen.

 Sebagai sosok yang mampu menginspirasi masyarakat luas, Zaenal tidak hanya menularkan potensi dan keahlian yang dimiliki anggota kelompok dan masyarakat sekitar, tetapi juga kepada generasi muda melalui kegiatan Penyuluh Pertanian  maupun seminar.   Tia/Ira

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018