Friday, 01 July 2022


Kasta, Menginspirasi Petani Lain untuk Maju

07 Jul 2015, 20:50 WIBEditor : Nuraini Ekasari sinaga

Menjadi petani sukses tak hanya menguntungkan bagi diri dan keluarga, tetapi juga bisa menginspirasi petani lain  untuk makin serius menggarap lahan usaha taninya dan mencapai keberhasilan seperti yang diharapkan.

Adalah Kasta, petani asal Desa Mekar Jaya, Lebak, Provinsi Banten yang kini menjadi panutan sesama petani di daerahnya. Selama tiga puluh tahun bergelut di usaha bisnis pertanian begitu banyak kemajuan yang dicapainya hingga ia didaulat menjadi Ketua Kelompok Tani “Subur” yang berlokasi di  desanya.

"Dari usaha ini saya bisa menyekolahkan anak-anak saya ke perguruan tinggi. Saya ingin nantinya mereka dengan ilmunya berguna bagi orang banyak, terutama untuk bidang pertanian,” ujar Kasta.

Kasta memulai usaha taninya sejak tahun 1987 dan fokus mengusahakan tanaman sayuran terutama bawang merah yang sangat cocok ditanam di daerah tempat tinggalnya. Dia juga membudidayakan beberapa jenis tanaman palawija serta padi.

Menurut Kasta, dari  kegiatan bertani ia bisa memperoleh penghasilan  di atas Rp 70 juta per tahun. Karena mampu meraup penghasilan cukup besar, maka banyak petani yang kemudian mengikuti jejaknya dalam berusaha tani.

Pelatihan Petani

Kasta pribadi sejauh ini  tak “pelit” untuk berbagi ilmu menyangkut usaha budidaya aneka jenis tanaman. Bahkan atas inisiatifnya, kelompok tani yang dipimpinnya  sering  menyelenggarakan kegiatan  pelatihan bagi  para anggota, antara lain tentang   cara menyuburkan tanah agar bisa lebih  produktif.

Ia berharap dengan seringnya diadakan pelatihan maka akan semakin banyak petani yang tertarik bergabung menjadi anggota Kelompok Tani Subur sehingga aktivitas kelompok menjadi lebih semarak. “Dan yang lebih penting lagi, dengan adanya pelatihan  berkelanjutan, petani semakin menguasai teknologi pertanian terkini yang tengah digalakkan pemerintah,” tandasnya.

Sementara itu kepada pemerintah pusat ia mengemukakan harapannya  agar cepat merespon  keinginan petani  terutama dalam hal pengadaan benih berkualitas dan perbaikan sarana irigasi.

“Kunjungan Pak Menteri Pertanian ke daerah kami  akan makin  memotivasi kami petani untuk bisa berkontribusi dalam peningkatan hasil pertanian, kami juga berharap pemerintah merealisasikan aspirasi kami terutama untuk memperbaiki sistem irigasi di sini agar lebih berfungsi dengan baik,” ujar Kasta. Echa/Ira

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018