Friday, 01 July 2022


Syarifah Azizah, Penyuluh Swadaya Berprestasi 2015: Ajak Kalangan Ibu Manfaatkan Pekarangan

11 Dec 2015, 18:11 WIBEditor : Kontributor

Kesulitan mengembangkan usahatani akibat kemiskinan yang umumnya dialami petani perdesaan menjadi motivasi bagi Syarifah Azizah sebagai Penyuluh Pertanian Swadaya bergerak mencarikan akses bantuan dana untuk pengembangan usahatani.

Sadar betul akan tidak mudahnya mendapatkan akses suntikan dana bagi petani, Syarifah berhasil mengajak ibu-ibu yang ada di lingkungannya untuk mau dan mampu bergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Sekar Wangi.

Program awal yang dilakukan menggerakkan kalangan ibu rumah tangga mau memanfaatkan pekarangan untuk budidaya tanaman yang dapat meningkatkan pendapatan keluarga. Terbukti KWT Sekar Wangi berhasil memanfaatkan pekarangan rumah sebagai sumber gizi keluarga, sekaligus menjadi solusi menambah penghasilan keluarga.

Beragam jenis sayuran dan bumbu pelengkap dapur dapat ditanam di lahan pekarangan rumah sesuai jenis tanah di Kabupaten Bintan. Jenis tanah di Kabupaten Bintan mengandung batu, tanah merah mengandung bauksit sehingga menyulitkan untuk tanaman tumbuh subur.

Beberapa tanaman menjadi pilihan KWT Sekar Wangi di antaranya tanaman sayuran sawi, bayem, kangkung dan kemangi. Tanaman bumbu dapur jahe, kunyit, serai, kencur, salam seledri dan daun bawang. Selain tanaman untuk kebutuhan konsumsi dan tanaman obat keluarga, anggota KWT juga menanam tanaman hias untuk memperindah halaman.

Mendirikan Gapoktan

Perjalanan waktu dan makin berkembangnya KWT Sekar Wangi, Syarifah kemudian berkonsultasi dengan Penyuluh Pertanian Pendamping dan Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bintan. Tujuannya mengajukan berdirinya Gapoktan dengan menggunakan nama yang sama yaitu Gapoktan Sekar Wangi.

Akhirnya melalui Gapoktan Sekar Wangi inilah Syarifah mendapatkan fasilitasi akses dana bagi petani anggota kelompok tani yang bergabung dalam Gapoktan Sekar Wangi. Kelompok wanita tani yang bergabung dalam Gapoktan Sekar Wangi di antaranya KWT Bougenville, KWT Abadi dan KWT Seroja, KWT Cemara, KWT Manggar dan KWT Bunga Sedap Malam.

Perjuangan ibu dari dua anak ini bukan hanya sekedar membebaskan kemiskinan dari lingkungan petani. Tapi menjadikan wilayah lingkungan Gapoktan Sekar Wangi  di wilayah Tanjung Uban Utara sebagai perintis tatanan lingkungan yang asri. Caranya melalui penanaman dengan memanfaatkan media tanam sebagai media tanam pot.

Bersama Penyuluh Pertanian di wilayah binaan Balai Penyuluhan Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan, Syarifah menjadi motivator tumbuh kembangnya KWT- KWT baru. Bahkan diikuti berdirinya Gapoktan di wilayah binaan Balai Penyuluhan Kecamatan Bintan Utara.

Gapoktan tersebut yakni Gapoktan Bima Usaha Mandiri di Kelurahan Tanjung Uban. Gapoktan ini membantu fasilitasi pada Kelompok Tani Rajawali, Kelompok Tani Mekar Jaya dan KWT Sakinah

Di Kelurahan Tanjung Uban Selatan berdiri Gapoktan Karya Selatan. Kelompok Tani yang difasilitasi yakni Kelompok Wanita Tani Aggrek, Kelompok Wanita Tani Sakura dan Kelompok Tani Margo Mukti

Sedangkan di Kelurahan Tanjung Uban Timur terbentuk Gapoktan Suka Jadi. Gapoktan ini membantu fasilitasi KWT Osaka, KWT Bangun Jaya, KWT Bunga Tanjung dan Kelompok Tani Bumo Jaya.

Sementara di Desa Lancang Kuning terbentuk Gapoktan Lancang Kuning Jaya. Gapoktan ini memfasilitasi KWT Nangka, KWT Pisang, Kelompok Tani Maju Jaya, Kelompok Tani Harapan Jaya dan Kelompok Tani Selaras

Untuk memperkuat wawasan pengetahuan wanita tani khususnya kelompok wanita tani yang bergabung dalam Gapoktan Sekar Wangi,  istri Zaenal Arifin ini terus berkiprah sebagai Penyuluh Pertanian Swadaya dengan mengajak semua anggota Gapoktan hadir dalam pertemuan setiap sebulan sekali di masing-masing KWT secara bergiliran.

Pertemuan di Gapoktan Sekar Wangi diagendakan dengan kegiatan penyampaian materi, pembahasan kesulitan KWT mengelola usahatani dan kegiatan simpan pinjam. Syarifah selalu ingin mewujudkan karyanya sebagai Penyuluh Pertanian Swadaya sesuai tuntutan Keputusan Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten No 59/BPPKP/XI/2012 tentang Penetapan Penyuluh Pertanian Swadaya di Kabupaten Bintan. Profil Penyuluh Swadaya Berprestasi 2015/Yul

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018