Wednesday, 10 August 2022


Kementan Gencarkan Merubah Image Petani Indonesia

03 Jun 2016, 10:12 WIBEditor : Ahmad Soim



Kementerian pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) saat ini gencar melakukan Program regenerasi petani guna menarik minat petani muda semakin tertarik ke sektor pertanian.

Melalui Pusat Pendidikan Pertanian di bawah BPPSDMP, Kementan akan merubah image petani Indonesia melalui jalur pendidikan pertanian.   Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Gunawan Yulianto usai membuka pertemuan Pengelolaan Database Program dan Evaluasi kegiatan melalui Sistem Teknologi Informasi Kinarja (SITEK) di Depok selasa Malam mengatakan  selama ini petani digambarkan hanya bekerja di sawah.

“Pusat pendidikan pertanian akan merubah petani menjadi pekerjaan yang mulia dan  diharapkan banyak pemuda yang mengambil peran dalam sektor pertanian ini,” tambahnya.

Selain membahas masalah regenerasi pertanian Gunawan juga membahas tentang Database yang saat ini semakin diperlukan sebagai dasar dari perencanaan pertanian kedepannya.

Saat ini Pusat Pendidikan Pertanian melaksanakan penyempurnaan aplikasi database melalui Sistem Informasi Kinerja (SITEK). Database merupakan salah satu komponen penting dalam suatu sistem informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi bagi para pemakai. Database digunakan dan diperuntukan banyak user dimana user tersebut dapat menggunakan data tersebut sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Diharapkan dengan adanya Database  ini dapat diperoleh data yang dicari dengan mudah dan cepat. Database juga dapat menyimpan data atau melakukan perubahan dan menampilkan kembali data tersebut dengan cepat dan mudah daripada kita menyimpannya secara manual. Som

Editor : Ahmad Soim

BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018