Wednesday, 10 August 2022


Agus Basuki, Gapoktan Harus Kembangkan Banyak Usaha

22 Jun 2016, 10:51 WIBEditor : Tiara Dianing Tyas

Memimpin satu kelembagaan petani bukan pekerjaan yang mudah. Banyak tantangan dan kendala yang dihadapi. Agus Basuki merasakan hal itu, karenanya dengan tekad yang kuat ia berupaya agar Gapoktan yang digawanginya makin maju dengan melaksanakan banyak unit usaha.

Dipercaya mengemban jabatan sebagai Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) “Tani Makmur”, Agus Basuki telah berhasil mendorong anggota kelompoknya membudidayakan beragam jenis komoditi pertanian. Belakangan pihaknya juga mewujudkan keinginan anggota mendirikan unit usaha Lembaga Keuangan.

Terletak di Kelurahan Karang Joang, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur kegiatan yang dilakukan Gapoktan ini meliputi budidaya tanaman pangan (padi, ubi kayu, jagung), sayuran (tomat, cabai, terong, timun), buah (pepaya, naga merah, pisang), ternak (sapi, kambing, unggas) dan budidaya ikan (lele dan nila).

Gapoktan yang didirikan tahun 2007 tersebut berhasil mengembangkan budidaya pepaya mini, yaitu pepaya hasil persilangan pepaya Hawai dengan pepaya lokal. Mulai dikembangkan pada 2010 di areal 20 hektar, kini perkebunan pepaya milik anggota sudah mencapai lebih dari 100 hektar.

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018