Wednesday, 10 August 2022


SUPRIADI, Sang Motivator Desa KRPL

28 Jun 2016, 11:43 WIBEditor : Kontributor

Bila ada sosok kepala desa yang begitu “ngotot” mendorong warganya mengusahakan aneka tanaman sayuran di lahan pekarangan masing-masing, maka Supriadi-lah salah satunya.

Jauh sebelum dilantik menjadi Kepala Desa Irigasi Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanah Bambu, Kalimantan Selatan, Supriadi termasuk pribadi yang merasa sangat prihatin dengan kondisi perekonomian masyarakat di desanya yang notabene merupakan warga transmigrasi asal Pulau Jawa.

Mendapat jatah lahan usaha tani yang terbatas dari pemerintah menjadikan warga Desa Irigasi juga berpenghasilan terbatas. Terus berkembangnya areal perkebunan sawit serta usaha pertambangan hingga ke wilayah desa tak berimbas signifikan pada kondisi perekonomian masyarakat.

Maka begitu mendapat kepercayaan menjadi kepala desa, Supriadi yang masih berusia muda pun mulai berpikir keras untuk dapat memberdayakan lahan yang terbatas yang dimiliki warganya.

Ia berkeinginan di halaman dan pekarangan rumah warga dikembangkan sistem multikultur, dalam arti diusahakan budidaya sayuran, ikan dan ternak.

Gayungpun bersambut, ide Supriadi diapresiasi positif institusi Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Kalimantan Selatan dan BKP Kabupaten Tanah Bumbu serta mendapat dukungan Tim Penggerak PKK Desa Irigasi.

Membentuk KWT

Mulailah Supriadi beserta segenap aparat desa dan institusi terkait gencar mensosialisasikan program kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dengan fokus utama memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk kegiatan pertanian.

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018