Wednesday, 10 August 2022


TTI di Merauke Angkat Harga Jual Beras Petani

11 Jul 2016, 15:19 WIBEditor : Tiara Dianing Tyas

Toko Tani Indonesia (TTI) di Merauke berhasil mengangkat harga jual beras di tingkat petani.

“Selama ini beras dari petani dibeli pedagang dengan harga Rp 6.800 per kilogram, dengan adanya TTI di Merauke,  Gapoktan bisa membeli beras petani yakni Rp 7.200,” ujar Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP) Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Merauke, Novianti Rante Manik pada tabloidsinartani.com melalui pesan elektronik, (1/7).

Terdapat dua TTI ini Merauke yakni di  Komplek Pasar Baru dan di Kios Anisa Lepro Seri. Kedua TTI itu bermitra dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Nob Yong Bon. Kedua TTI itu terletak di Desa Wasur 2, Kelurahan Rimba Jaya, Merauke.

          Penanggungjawab  kedua TTI yang juga merupakan Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Nob Yong Bon, Simon Konmop mengatakan hingga kini, Gapoktan Nob Yong Bon menyetor beras ke TTI sejumlah 812 kg beras, sedangkan stok di gudang yang dibeli dari petani lainnya sejumlah 11.660 kg.

        “Harga beli dari petani Rp 7.200-7.500, harga jual ke konsumen 7.700-7.900,” tukasnya. Harga pasaran beras tingkat konsumen di Merauke berkisar Rp 8 ribu – 12 ribu. Simon mengatakan, TTI di wilayah ini berencana untuk menjual komoditas lain namun sedang dalam proses peninjauan kebutuhan masyarakat.Tia

Editor : Ahmad Soim

BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018