Kamis, 18 Oktober 2018


Dharma Anjarrahman, Mengamankan Investasi Peternakan Sapi

11 Sep 2017, 11:33 WIBEditor : Gesha

Banyak peternak yang ingin punya banyak sapi, tapi terganjal kecukupan dana. Di sisi lain, banyak investor pemula yang bingung memutar uangnya di sektor produktif. Untuk itu Dharma Anjarrahman hadir melalui “Vestifarm” mengamankan investasi peternakan sapi yang dipercayakan masyarakat.

“Sering saya lihat di daerah peternak punya kandang yang bisa memuat puluhan ekor sapi, tapi karena kekurangan modal maka hanya bisa memiliki 3-4 ekor,” tuturnya.

Di sisi lain, banyak orang yang ingin memutar uangnya dengan cara berinvestasi namun masih belum mengerti diinvestikan ke bidang apa. Memperhatikan fenomena tersebut, Dharma dan rekan-rekannya merintis platform online yang menawarkan investasi di bidang peternakan. Adapun konsepnya adalah investasi patungan. Keuntungan beserta modal awal investor akan diterima setelah sapi terjual di bulan ke-4.

“Uang yang terkumpul dari beberapa investor digunakan untuk membeli 1 ekor sapi. Nominal investasi untuk 1 slot (1 ekor sapi terdiri dari 6 slot) adalah senilai Rp 2,75 juta sampai Rp 4,7 juta tergantung dari jenis sapi yang dirawat, dengan jangka waktu investasi selama 4 bulan,” jelasnya.

Dharma menyebut, investasi sapi ini layaknya jual beli saham di mana investor bebas menentukan berapapun jumlah slot yang ingin diinvestasikan. “Vestifarm menggunakan sistem kolektif, di mana seluruh sapi yang nantinya dirawat adalah milik bersama seluruh investor dan Vestifarm, sesuai dengan slot yang diinvestasikan,” kata Dharma.

Adapun pembagian keuntungannya antara Vestifarm dan Investor adalah 50:50. Adapun estimasi return adalah 6%-13%. “Prinsipnya di sini adalah bagi hasil sehingga apapun yang terjadi akan ditanggung bersama oleh Vestifarm & Investor, baik untung maupun rugi,” cerita Dharma.

Sapi Diasuransikan

Usaha penggemukan sapi berlokasi di Subang dan Bekasi (Jawa Barat), dikelola oleh peternak profesional yang berpengalaman langsung di bawah manajemen Vestifarm. Setiap sapi yang dirawat diasuransikan sehingga apabila terjadi kematian sapi maka pihak asuransi akan melakukan penggantian 85% dari harga beli.

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

TAG

BERITA TERKAIT

E-PAPER TABLOID SINAR TANI

Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018