Kamis, 18 Oktober 2018


Indonesia terbangkan 1.093 Domba Jantan ke Malaysia

03 Agu 2018, 17:45 WIBEditor : Kontributor

 Indonesia ekspor 1.093 ekor domba jantan ke Malaysia menggunakan pesawat cargo Malaysia Airlines melalui Bandara Juanda, Sidoarjo (1/8). Domba-domba tersebut rencananya diperuntukkan menjadi  ternak potong.

Kepala Karantina Surabaya Dr. Ir. Musyaffak Fauzi, SH MSi menyatakan bahwa “ Peran Badan Karantina Pertanian khususnya Karantina Surabaya sangat penting dan strategis dalam mendukung akselerasi ekpor yaitu memastikan domba-domba tersebut sehat dan memenuhi impor permit dari negara tujuan/Malaysia”.

Eskpor ini merupakan ekspor perdana melalui Bandara Juanda, sebagai bagian dari total target ekspor domba 60.000 ekor dari Jawa Timur pada Tahun 2018 yang dicanangkan Menteri Pertanian saat launching tanggal 28 Juni 2018 di Instalasi Karantina Hewan (IKH) Tandes.

Seluruh domba berasal dari peternak di Kabupaten Jember yang melakukan kerjasama dengan PT ICB  dan telah menjalani masa karantina di IKH - Tandes.

Selama masa karantina, domba-domba diperiksa secara fisik, laboratorium, dan diamati perkembangannya apakah terdapat Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) atau tidak.

Setelah dipastikan bahwa seluruh domba ekor tipis tersebut sehat, yang ditandai dengan terbitnya sertifikat kesehatan  maka dengan pengawasan petugas Karantina Surabaya domba-domba dimaksud dimasukkan ke dalam pesawat menuju Malaysia.

Editor : Pimpinan Redaksi

TAG

BERITA TERKAIT

E-PAPER TABLOID SINAR TANI

Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018