Tuesday, 22 September 2020


Ditjenbun Kementan Dukung Penyelenggaraan ISFBE 2020

28 Jan 2020, 14:13 WIBEditor : Indarto

Sudah Saatnya Kembalikan Kejayaan Rempah Taanah Air | Sumber Foto:Dok. Humas Perkebunan

Para pemangku kepentingan perkebunan rempah Indonesia diharapkan mendukung dan memiliki tanggung jawab untuk mengembalikan kejayaan rempah Indonesia secara nasional.

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) sangat mengapresiasi dan mendukung penyelenggararan Indonesian Spices Forum dan Business Expo (ISFBE) 2020,  yang akan digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) 17- 19 April 2020  mendatang.

Direktur Tanaman Semusim dan Rempah Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan), Agus Wahyudi  mengatakan, dukungan terhadap kegiatan tersebut tak lepas dari upaya pemerintah dan stakeholder dalam upaya mengembalikan kejayaan rempah Indonesia. " Kegiatan ini sekaligus mampu meningkatkan produksi, produktivitas dan mutu tanaman rempah," ujar Agus Wahyudi yang mewakili Dirjen Perkebunan Kementan , saat soft launching ISFBE, di Jakarta, Senin (27/1).


Agus juga berharap, melalui progran pemerintah yang dikemas dalam (Kostratani, Gratieks, Grasida,  dan pengembangan kawasan berbasis korporasi) mampu mendorong pengembangan rempah Indonesia. " Program tersebut sudah mempertimbangkan semua pihak, dan  secara konsisten diharapkan dapat meyakinkan kepada semua pihak bahwa pengembangan tanaman rempah dari hulu sampai hilir (industri)  secara ekonomis dapat  menguntungkan bagi pelaku usaha, meningkatkan kesejahteraan petani serta berperan penting bagi kelestarian dan keseimbangan lingkungan," paparnya.

Menurut Agus,  para pemangku kepentingan perkebunan rempah Indonesia diharapkan mendukung dan memiliki tanggung jawab untuk mengembalikan kejayaan rempah Indonesia secara nasional. Mengingat, tanaman rempah di tanah air ke depan sangat potensial dikembangkan untuk meningkatkam devisa negara.

Agus juga berharap, para pemangku kepentingan di bidang  perkebunan rempah Indonesia dari hulu sampai industri hilir mampu berdaya saing dan berkelanjutan. "Sehingga rempah Indonesia juga memberikan manfaat bagi seluruh pelaku usaha dan bagi kesejahteraan petani," pungkas Agus.

 

Reporter : Dimas
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018