Sunday, 05 April 2020


Empat Saran untuk PTPN III Holding Agar Menjadi Perusahaan Unggul dan Terbaik

20 Feb 2020, 18:03 WIBEditor : Ahmad Soim

Diskusi Rabuan di Tabloid Sinar Tani | Sumber Foto:Dok

Ketiga, tokoh Perkebunan Senior Soedjai Kartasasmita mengharapkan agar PTPN III (Holding) selain menerapkan teknologi presisi, juga memperhatikan kesejahteraan pekebun di sekitar perkebunan yang dikelola PTPN (Holding).

 

 

TABLOIDSINARTANI.COM – Empat Saran diberikan kepada PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III Holding) agar bisa berkembang menjadi perusahaan perkebunan yang maju dan menjadi yang terbaik.

 

Pertama, agar perusahaan ini menerapkan teknologi persesi dan robotic. PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III Holding) hendaknya menggandeng Institut Pertanian Bogor dan PT Riset Perkebunan Nusantara untuk menerapkan teknologi pertanian persisi dengan menggunakan kecerdasan buatan.

 

Dirut PTPN III Mohammad Abdul Ghani dalam Diskusi Rabuan bersama para sesepuh pertanian Indonesia mengatakan penerapan teknologi persisi dengan teknologi internet sudah dilakukan dengan menggandeng IPB dan PT RPN.. "Penerapan teknologi ini  untuk optimalisasi kualitas produk dan menghemat biaya produksi,” jelasnya dalam Diskusi Rabuan di Kantor Tabloid Sinar Tani (19/2).

 

Kedua, Prof Sjarifudin Baharsjah yang pernah menjabat Menteri Pertanian mengharapkan penempatan SDM di PTPN perlu mempertimbangkan kemampuan dan kapasitasnya sebagai pengelola bisnis tananam. “Jenjang karir SDM yang memanajemen PTPN perlu dibuat dengan dukungan pelatihan dan Pendidikan yang professional di bidang pengelolaan perkebunan,” tambah Prof Sjarifudin Bahasjah.

 

Ketiga, tokoh Perkebunan Senior Soedjai Kartasasmita mengharapkan agar PTPN III (Holding) selain menerapkan teknologi presisi, juga memperhatikan kesejahteraan pekebun di sekitar perkebunan yang dikelola PTPN (Holding).

 

“Jangan sampai pekebun yang berada di sekitar kebun kebun yang dikelola PTPN III mereka terkatagori miskin,” urainya.

 

Keempat, Prof Agus Pakhpahan yang pernah menjadi Dirjen Perkebunan dan Deputi Menteri BUMN, mengharapkan agar PTPN Holding memperhatikan dukungan penelitian untuk memajukan bisnis PTPN III Holding. “PT RPN bisa difasilitasi dengan ikut mendapatkan bagian dari pengelolaan bisnis PTPN III Holding untuk membiaya riset mereka,” urainya.

 

 Dirut PTPN III Holding Ghani menyimak saran saran para seniornya. “Kami ingin mandapatkan support untuk kemajuan PTPN. Kami optimis punya harapan untuk memajukan PTPN kedepan,” tuturnya.

 

Banyak tokoh senior lainnya yang ikut memberikan saran saran pada Diskusi Rabuan ini, diantaranya mantan Dirut Salah satu PTPN Zaini, Mantan Dirjen Perkebunan, Mantan Sekjen Kementerian Pertanian.

Reporter : Som
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018