Friday, 25 September 2020


Air Kelapa Hijau, Murah tapi Hebat Khasiatnya

16 Apr 2020, 14:58 WIBEditor : Ahmad Soim

Amar pedagang kelapa hijau di Bogor | Sumber Foto:Som

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor – Sepintas tidak terasa bedanya antara minum air kelapa muda dengan minum air kelapa hijau. “Yang membedakan adalah sabutnya bila dibelah berwarna merah, kalau kulitnya sama warnanya yakni hijau kuning kecoklatan,” kata Amar pedagang Kelapa Hijau di Leuwiliang, Kabupaten Bogor (16/4).

Harga jual kelapa hijau lebih mahal ketimbang kelapa muda biasa. “Kami jual untuk satu buah kelapa hijau Rp 15 ribu, kalau kelapa muda biasa Rp 10 ribu per buah,” tambahnya.

Harga yang lebih mahal itu wajar, lanjut Amar, karena kelapa hijau punya khasiat lebih dibanding kelapa muda biasa.

“Bisa mengobati sakit ginjal, diabetes dan jantung. Biasanya kelapanya dibakar, baru airnya diminum,” tambah Amar kepada tabloidsinartani.com.

Sebuah penelitian pada hewan, air kelapa hijau bisa menyelamatkan hewan yang telah terpapar racun. Hal ini bisa terjadi, karena air kelapa hijau memiliki radikal bebas berantioksidan.

Satu penelitian lainnya memperlihatkan, tikus yang mengalami kerusakan hati, bisa disembuhkan ketika mengonsumsi air kelapa hijau.

Manfaat air kelapa hijau juga bisa menurunkan aktivitas radikal bebas, tekanan darah, trigliserida dan kadar insulin. Air kelapa hijau juga merupakan sumber magnesium, yang bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan gula darah pada pengidap diabetes tipe 2.

Manfaat lainnya, air kelapa hijau bisa mengobati sakit ginjal. Batu ginjal terbentuk saat kalsium, oksalat dan senyawa lainnya bergabung membentuk kristal dalam air seni. Meminum air kelapa hijau bisa menyembuhkannya.

Sekitar 1 cangkir (240 ml) air kelapa hijau bisa mengandung berbagai nutrisi penting: Karbohidrat 9 gram, Serat 3 gram, Protein 2 gram, vitamin dan berbagai mineral yang diperlukan tubuh.

Air kelapa hijau juga diyakini bisa mengatasi penyakit jantung dan diare ringan.

Reporter : Som
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018