Saturday, 06 June 2020


Minuman Rempah Membuat Badan Jadi Sehat dan Bugar

06 May 2020, 22:46 WIBEditor : Clara

Rempah-rempah asal Indonesia beragam | Sumber Foto:litbang.pertanian.go.id

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Di tengah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat pandemi Covid-19, rempah-rempah makin banyak dicari. Hal ini terjadi karena rempah-rempah dipercaya mampu menangkal virus. Untuk mengkonsumsinya biasanya diolah dahulu menjadi minuman agar lebih cepat diserap oleh tubuh.

Warga Jakarta Selatan, Suritman sejak adanya pandemi, semakin rajin meminum olahan dari rempah-rempah. Minuman olahan yang sekarang rutin dikonsumsi adalah rebusan kayu manis dan cengkeh. "Biasanya saya tambahkan jeruk nipis dan madu. Itu membuat badan saya jauh lebih bugar dan segar," terangnya.

Sebelum adanya pandemi, Suritman memang sudah meminum olahan rempah-rempah ini, tetapi tidak setiap hari. Hanya waktu-waktu tertentu saja. "Saya tuh dulu minum kalau ingat saja. Tetapi sejak pandemi, saya tiap pagi meminumnya," ungkapnya.

Lain halnya dengan warga Jakarta Selatan lainnya, Rina Marlin yang rajin meminum olahan rempah sejak adanya pandemi. "Saya dulu malas minum minuman seperti jamu ini, tetapi setelah saya dengar kalau rutin meminum, akan terhindar dari virus Corona. Akhirnya, saya jadi rajin," jelasnya.

Rina meminum minuman rempah-rempah, sedikit berbeda dengan Suritman. Dia menambahkan jahe dan serai. "Saya minum rebusan kayu manis, tetapi saya tambah lagi sama jahe dan serai karena minumannya jadi ada rasanya. Kalau cuman kayu manis saja, hambar," ungkapnya.

Khasiat yang dirasakan Rina setelah meminumnya, biasanya membuat badan jadi hangat. Sehingga badan mengeluarkan keringat. "Saya kalau habis minum ini langsung berkeringat. Itu membuat badan saya jadi lebih 'jreng'. Jadi lebih enak saja badannya. Apalagi saya terkadang masih harus ke tempat kerja di saat pandemi," jelasnya.

Berbeda dengan Julian yang meminum teh dicampur dengan serai dan cengkeh, sehingga rasanya cukup unik di lidah. "Saya ini tipikal yang malas masak, jadi ya saya campurkan saja ke teh. Praktis dan tidak memakan waktu yang lama untuk merebusnya," terangnya.

Jadi, tinggal pilih. Mau minum yang asli rempah-rempah atau dicampur dengan teh. Tergantung selera, yang penting badan kita jauh lebih sehat dan bugar dengan rajin meminum rempah-rempah.

 

Reporter : Agustin
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018