Thursday, 01 October 2020


Sudah 60 Perusahaan Perkebunan di Sumatera Bayarkan THR

15 May 2020, 16:52 WIBEditor : Ahmad Soim

Petani sawit antusias menyambut KUR sub sektor perkebunan | Sumber Foto:Dok. Indarto

TABLOIDSINARTANI.COM - Sudah 60 perusahaan perkebunan di Sumatera yang tergabung dalam Badan Kerjasama Perusahaan Perkebunan Sumatera (BKS-PPS) membayar Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para pekerjanya.

"Itu sudah 50 persen dari seluruh perusahaan yang tergabung dalam BKS-PPS, perusahaan lainnya segera menyusul," jelas  Ketua Umum Badan Kerjasama Perusahaan Perkebunan Sumatera (BKS-PPS) Soedjai Kartasasmita kepada tabloidsinartani.com (15/5).

Soedjai mengatakan keputusan untuk memberikan THR Idul Fitri itu ditandatangani besama dengan Serikat Pekerja Anggota Federasi Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia ( FSP PP - SPSI).

Pekerja yang mendapatkan THR ini adalah pekerja yang bekerja di perusahaan perkebunan anggota BKS-PPS di Propinsi Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Riau dan Jambi. “Jumlah pekerja perkebunannya kurang lebih 750 ribu orang,” tambah Soedjai Kartasasmita kepada tabloidsinartani.com.

Penandatangan kesepakatan THR Idul Fitri 2020 antara BKS-PPS dan FSP PP – SPSI itu dilakukan secara online pada 23 April 2020.

 THR diberikan kepada pekerja yang telah bekerja terus menerus selama 12 (dua belas) bulan atau lebih, pekerja yang telah bekerja terus menerus selama 3 (tiga) bulan tetapi kurang dari 12 (dua belas) bulan diberikan secara proporsional, dan pekerja yang putus huhungan kerjanya terhitung sejak waktu 30 (tiga puluh) hari sebelum jatuh tempo Hari Raya Idul Fitri.

Besar THR yang diberikan lanjut Soedjai Kartasasmita sama dengan tahun lalu dan diberdakan antara pekerja lajang, pekerja yang berkeluarga belum punya anak dan pekerja yang sudah berkeluarga dan memiliki anak.

Kepada pekerja juga diberikan daging, uang keramaian dan pemberian lain yang lazim diberikan.

Reporter : Som
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018