Friday, 10 July 2020


Wisata Kebun Kopi, Sambut New Normal Ala Lereng Bromo

12 Jun 2020, 06:30 WIBEditor : Gesha

Panen kopi | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Malang -- Kabupaten Malang kini mengalami fase transisi menuju new normal life, yang pastinya berpengaruh pada kehidupan masyarakat. Namun, Desa Taji Kecamatan Jabung Kabupaten Malang punya cara tersendiri dengan memanfaatkan kebun kopi masyarakat.

Panen raya petani kopi di Desa Taji, menjadi daya tarik tersendiri. Kegiatan edukasi panen dan paska panen kopi mulai dibuka lagi oleh anggota Kelompok Tani Kartika II, binaan Dinas Tanaman Pangan Hortikuktura dan Perkebunan Kab. Malang, Provinsi Jawa Timur, dengan tetap memperhatikan protokoler dalam menghadapi pandemi covid-19. 

Jenis kopi arabika yang menjadi andalan kelompok tani di lereng gunung bromo ini sudah mulai panen sejak seminggu yang lalu. Proses panen dari petik merah, yang dilanjutkan dengan sortasi buah kopi, proses pencucian, perambangan, pemisahan kulit dengan mesin pulper dan penjemuran menjadi rutinitas materi edukasi bagi pengunjung kedai kopi taji dan juga beberapa kelompok orang yang ingin belajar tentang panen dan paska panen kopi.

"Melalui masa transisi ke new normal life ini, wisata edukasi kopi mulai dibuka kembali. Namun kami membatasi untuk jumlah kelompok/rombongan per-sesi maksimal 10 orang saja," tutur pemilik kebun kopi, Kambang.

Tampak juga poster himbauan yang mengajak pengunjung untuk tetap mematuhi protokoler new normal, seperti wajib memakai masker, mencuci tangan dan menjaga kesehatan diri. 

Dengan dibukanya kembali wisata edukasi dan kedai kopi ini berpotensi mendatangkan puluhan bahkan ratusan pengunjung dalam sehari, baik dari dalam maupun luar Kabupaten Malang.

Dengan omzet mencapai ratusan ribu dalam sehari, diharapkan bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan pendapatan petani kopi yang ada di wilayah Desa Taji, ditengah masa pandemi covid-19 ini. 

Reporter : Wahyu Lis S - PPL Kec. Jabung
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018