Sunday, 09 August 2020


Punya Potensi Pala dan Kopi, Bupati Aceh Selatan Garap Bersama BPTP Aceh

16 Jul 2020, 20:10 WIBEditor : Gesha

BPTP ACEH dikunjungi Bupati Aceh Selatan | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Banda Aceh --- Memiliki potensi pertanian yang belum berkembang banyak, Bupati Aceh Selatan Tengku Amran berinisiatif berkunjung ke Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh, Selasa (14/7).

Kunjungan perdana Bupati Aceh Selatan, Tengku Amran disambut langsung kepala BPTP Aceh Ir. M. Ferizal, M.Sc yang didampingi Kepala Seksi Pelayanan Teknis (KSPP) M. Ramlan, SP, Koordinator Program Dr. Rachman Jaya dan KTU Nurlaili, SH., S.P., M.Si. 

Kunjungan itu merupakan ajang silaturahmi sekaligus mencari informasi tentang perkembangan teknologi pertanian yang merupakan tugas BPTP selaku lembaga vertikal dibawah Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian yang memiliki tupoksi menstransfer teknologi pertanian di daerah. 

Bupati Amran telah dikenal lama menekuni pertanian sehingga dirinya tahu persis apa yang dihadapi dan diharapkan petani di daerahnya. "Kemarin dulu tanam jagung seluas 25 hektar dan akan panen sebentar lagi," tambah Tengku Am, sapaan akrab Bupati Amran.

Dalam pertemuan tersebut, dia sangat mengharapkan masukan teknologi pertanian termasuk peternakan untuk petani Aceh Selatan sehingga dapat meningkatkan produksi dan menciptakan kesejahteraan bagi petani. 

Pemerintah daerah Aceh Selatan siap bekerjasama dengan BPTP Aceh untuk melakukan berbagai program pembangunan pertanian yang berbasis teknologi untuk kabupaten Pala tersebut. 

Selain jagung, Aceh Selatan sangat cocok untuk komoditas kacang tanah. Disana juga telah dikembangkan kopi robusta. Aceh Selatan dulu dikenal ada Kopi manggamat atau yang lebih populer dengan sebutan kopi Kamano Kito yang juga memiliki outlet di Area Banda Aceh. Kopi itu kini sedang kembali dikembangkan di kabupaten tersebut.

Selain itu, komoditi Pala masih menjadi masalah besar disana, setelah Tsunami areal perkebunan pala hanya tinggal 30%. “Mohon bantuan dari para peneliti untuk membantu pengembangan pertanian kabupaten Aceh Selatan khususnya komoditi pala yang menjadi produk unggulan untuk kesejahteraan petani,” harap Tgk Am 

Sementara Kepala BPTP Aceh M. Ferizal Dalam pemaparannya menyampaikan bahwa tugas dan fungsi BPTP dalam mengembangkan teknologi pertanian. Beberapa tahun terakhir BPTP Aceh sangat konsen dalam mengembangkan teknologi komoditi Pala yang merupakan komoditi unggulan di Kabupaten tersebut dengan kajian Bibit Pala Sabutan (Sambung Pucuk).

Selain pala, komoditas unggulan lain yang potensial di negeri pala itu adalah sektor peternakan dengan ternak kambing Boerka serta tahun depan dapat kembangkan juga ayam lokal unggul Balitbangtan yang dikenal dengan ayam KUB yang keunggulannya dapat menjadi ayam lokal pedaging maupun petelur. 

Reporter : Abdul Azis
Sumber : BPTP ACEH
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018