Sunday, 09 August 2020


BPTP Kaltim  Produksi Bibit Kelapa Bersertifikat

20 Jul 2020, 15:57 WIBEditor : Ahmad Soim

Kelapa Genjah di Kaltim | Sumber Foto:Dok BPTP Kaltim

 

 TABLOIDSINARTANI.COM, Kaltim - Kelapa Genjah Salak termasuk varietas andalan  yang dikembangkan di Kalimantan Timur. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) ikut memproduksi benih Kelapa Genjah Salak untuk dikembangkan di Kaltim. Kelapa jenis ini memiliki sebaran paling tinggi di daerah Kutai Kertanegara, di  Kecamatan Handil.

 

Kelapa yang ada sekarang, yang ditanam masyarakat adalah ditanam sejak tahun 1983. Namun kalau ditelusuri asal usul kelapa yang ada, pada umumnya petani sudah tidak mengetahuinya lagi karena petani sekarang sudah merupakan keturunan dari petani yang menanam.  Satu kelemahan, pada tahun 1983,  tidak ada pencatatan asal usul kelapa tersebut di instansi terkait. 

Menjadi kesulitan besar jika dalam pengembangan kelapa tidak tersedia bibit yang bersertifikat. BPTP Kaltim melihat kondisi ini,  sehingga saat ini BPTP Kaltim telah melakukan produksi benih kelapa unggul, baik kelapa dalam maupun kelapa genjah. 

Varietas kelapa dalam yang diproduksi oleh BPTP Kaltim adalah Varietas Kramat yang didatangkan dari blok penghasil tinggi provinsi Gorontalo dan sudah terdistribusi tahun 2018 di kabupaten Kutai Kertanegara, Penajam Paser Utara dan Kota Balikpapan. 

Untuk kelapa genjah didatangkan dari Balai Penelitian Kelapa Manado  Provinsi Sulawesi Utara dengan varietas Genjah salak. Bibit- bibit ini sudah terdistribusi tahun 2020 di Kabupaten Kutai Kertanegara, Kutai Timur, Penajam Pasir Utara  dan kabupaten Pasir. 

Dengan adanya pengawasan dari balai sertifikasi tanaman perkebunan provinsi Kaltim, maka produksi bibit yang dihasilkan oleh BPTP Kaltim merupakan bibit yang berkualitas karena dari kedatangan sampai proses pembibitan sudah mengikuti SOP produksi bibit yang benar.  Dengan adanya produksi bibit unggul yang bersertifikat ini maka petani tidak perlu bingung lagi jika ingin mengembangkan tanaman kelapa.

Disamping bibit yang produksi semuanya unggul, bibit juga sudah disertifikasi. Fakta di lapangan sesudah adanya pendistribusian kelapa genjah salak antusias petani untuk menanam kelapa genjah salak sangat tinggi. Ini dibuktikan dengan adanya permintaan yang tinggi dari petani di kabupaten pasir (tanah grogot).  Antusiasme ini sudah direspon dengan cepat oleh BPTP Kaltim dengan segera akan melakukan penyediaan bibit kelapa genjah salak dengan cepat

 Kelapa merupakan salah satu komoditas perkebunan yang tengah dikembangkan oleh Kementerian Pertanian. Ditjenbun Kementan mencatat saat ini terdapat beberapa kebun sumber benih kelapa yang sudah ditetapkan dan tersebar di 5 Provinsi yaitu Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Bali, Jawa Tengah, dan Kalimantan Timur.

 

Sumber benih kelapa genjah ini terdiri dari varietas unggul nasional dan lokal. Varietas unggul kelapa genjah saat ini antara lain Kelapa Genjah Salak, Kelapa Genjah Raja (GRA), Kelapa Genjah Kuning Bali (GKB), Kelapa Genjah Kuning Nias, Kelapa Genjah Pandan Wangi, Kelapa Genjah Coklat Kopyor, Kelapa Genjah Hijau Kopyor dan Kelapa Genjah Kuning Kopyor, dan yang terakhir dilepas adalah Kelapa Genjah Entog Kebumen. Selain itu ada kelapa genjah lokal yang terdapat di Bali dan Kalimantan Timur.

Reporter : Ekayujaya, Penyuluh BPTP Kaltim
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018