Sunday, 11 April 2021


Forum Kakao Aceh Rencanakan Pemangkasan Massal

23 Mar 2021, 12:10 WIBEditor : Ahmad Soim

Forum Kakao Aceh | Sumber Foto:Abda

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Aceh -- Forum Kakao Aceh merencanakan untuk melakukan gerakan masal pemangkasan kakao di Pidie pada bulan April 2021.

Telah ditunjuk Tim untuk melakukan koordinasi dengan Bupati Pidie serta menseleksi kebun dan lokasi kegiatan. "Untuk membimbing petani melakukan kegiatan tersebut, diperlukan enam fasilitator" tambah Ketua FKA Ir. T Iskandar MSi.

Hal itu disampaikan Ketua FKA, Ir T. Iskandar, MSi, didampingi sekretaris Ir Cut Huzaimah, MP dan Bendahara Dr Basri A.Bakar saat pertemuan internal di Sekretariat FKA belum lama ini.

Padahal kata dia, untuk tahun 2020, Forum Kakao Aceh telah menyusun program melaksanakan Duek Pakat Forum Kakao Aceh di kabupaten Aceh Tamiang, dan membangun sinergisitas FKA dengan Distanbun, Bappeda Aceh, berbagai Universitas, serta dinas-dinas terkait.

Akan tetapi lanjut T. Iskandar, FKA masih tetap eksis dengan sejumlah aktifitasnya, selain menghadiri berbagai acara dan agenda juga menjadi narasumber di beberapa kegiatan. 

Lebih lanjut kepada pengurus diharapkan dapat memperkuat jejaring kerja yang ada serta berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan dunia international.

Sekretaris FKA Cut Huzaimah mengatakan, pertemuan ini bertujuan untuk menyusun agenda kegiatan tahun 2021.  Dikatakan pihaknya dalam waktu dekat akan melaksanakan beberapa  agenda kegiatan. Pada bulan April akan dilaksanakan kegiatan  Gerakan massal pemangkasan Kakao di  Pidie. Tim yang ditunjuk agar melakukan koordinasi dengan Bupati Pidie serta menseleksi kebun dan lokasi kegiatan.

"Untuk membimbing petani melakukan kegiatan tersebut, diperlukan enam fasilitator" tambahnya.

BACA JUGA:

Sementara pertemuan FKA akan dilaksanakan di Banda Aceh, dengan mengundang 40 peserta, direncanakan bulan Mei atau Juni 2021. Sedangkan kegiatan pelatihan peremajaan bagi petani Kakao  akan dilaksanakan di kota Sabang. 

"Untuk kegiatan tahunan FKA seperti Duek Pakat Kakao Aceh (DPKA), belum dapat dilaksanakan karena pandemi Covid 19 dan adanya larangan mengumpulkan massa", pungkasnya.

Pertemuan tersebut berlangsung 13 Maret 2021, selain ketua juga dihadiri pelaku bisnis Fauzi Yusuf, dekan FP Unaya Elvrida Rosa serta pengurus lainnya, termasuk Prof. Rina Sriwati yang juga pakar hama penyakit dari Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh.

===

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/

 

Reporter : Abda
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018