Wednesday, 10 August 2022


China Ekspor Kakao ke Belgia Hasil Inovasi Teknologi

05 May 2021, 11:43 WIBEditor : Ahmad Soim

Kebun kakao | Sumber Foto:Dok. Indarto

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Cina sudah mulai menanam coklat di Hainan dan sekarang sudah mulai mengekspor biji kakao ke Belgia.

"Walaupun masih sedikit jumlahnya tapi diramalkan bahwa untuk hari depan ada potensi mengekspor lebih banyak berkat adanya dukungan riset dan inovasi untuk meningkatkan nilai tambah," kata Pakar Perkebunan Indonesia Soedjai Kartasasmita kepada Sinar Tani di Jakarta (05/05/2021).

BACA JUGA:

Ghana menurut Soedjai Kartasasmita yang menjadi produsen biji kakao no 2 di dunia, mulai khawatir bahwa  untuk hari depan  Cina bisa menang dalam persaingan di pasar Belgia.

"Indonesia juga perlu waspada, atas kemungkinan Negara Tirai Bambu ini juga bisa menanam kelapa sawit sekala luas. Kita benar-benar  harus waspada karena  Cina sudah mempunyai mimpi besar untuk menjadi produsen terbesar di dunia mengalahkan Indonesia dan Malaysia," tambahnya.

 === 

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/ 

Reporter : Som
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018