Wednesday, 10 August 2022


Aroma Kopi Mamasa Tercium di Mancanegara

18 Aug 2021, 15:47 WIBEditor : Yulianto

Kopi Mamasa di ajang Rusian Halal Expo | Sumber Foto:Humas Perkebunan

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Kopi Indonesia memiliki daya tarik yang luar biasa di pasar mancanegara. Satu lagi cita rasa khas kopi nusantara yang kini mengharumkan nama Indonesia yakni, kopi Mamasa dari Sulawesi Barat.

Terlihat saat kopi kebanggaan Sulawesi Barat pada ajang promosi “Russia Halal Expo 2021” yang diadakan di Kazan Expo, Kazan, Republik Tartastan pada 28-30 Juli 2021.  Salah satu pelaku usaha kopi binaan Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian dari Sulawesi Barat yaitu Koperasi Produsen Tapusmas yang berkesempatan mengikuti pameran dengan membawa produk kopi khas mamasa merk “lambanan”.

“Rasa senang dan bangganya dapat berkontribusi pada pameran skala Internasional ini di Rusia, tidak lupa kami atas nama lembaga Koperasi Produsen Tapusmas mengucapkan terimakasih atas fasilitasi Ditjen Perkebunan, sehingga kami bisa mengikuti kegiatan pameran ini,kata Ketua Koperasi Produsen Tapusmas, Mika Pokiringan Bombong.

Didampingi Bussiness Consultan, Nurhaeda Burhan dan perwakilan Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Barat, Agustina Palimbong (28/7), Mika Pokiringan mengungkapkan, meski di tengah kondisi pandemi Covid-19, antusiasme masyarakat muslim dunia cukup besar yang hadir dalam even pameran ini.

“Terlihat meja promosi kami ramai dikunjungi para pengunjung dan buyer dari beberapa daerah di kawasan Federasi Rusia untuk bertanya potensi bisnis dan mencicipi kopi mamasa,” katanya.

Selain produk kopi, lanjut Mika, paviliun Indonesia di ajang Russia Halal Expo 2021 ini sangat banyak mendapatkan perhatian khususnya produk-produk pertanian seperti kakao, sagu dan rempah-rempah.

Selain kopi, delegasi Indonesia turut membawa produk-produk khas lainnya. Diantaranya produk olahan sagu berupa mie sagu dari Kabupaten Bangka (merk sagoo mie) dan beberapa produk cokelat yang diproduksi UPH Mapili Jaya dari Kab. Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat.

Dukung Gratieks

Ditempat terpisah, Plt. Dirjen Perkebunan, Ali Jamil mengapresiasi keikutsertaan pelaku usaha Indonesia pada acara pameran tersebut. Sebagaimana arahan Menteri Pertanian dalam program Gerakan 3 kali lipat ekspor (Gratieks), tentunya kegiatan promosi ini adalah salah satu bentuk dukungan untuk akselerasi Gratieks, terutama di komoditas kopi Indonesia.

Jenis-jenis kopi spesialty Indonesia harusnya dapat berbicara banyak ditataran perdagangan dunia. Kita harus mampu mengalahkan produk-produk kopi dari negara produsen lainnya seperti Brazil, Kolombia dan Vietnam,” katanya.

Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan akan mendukung kegiatan promosi sebagaimana dicanangkan Menteri Pertanian melalui program promosi “one day with Indonesia coffee and fruit”.  Tahun 2021 akan dimulai di 4 negara yaitu Belgia, Italia, AS dan Jepang.

Ali Jamil berharap dengan keikutsertaan delegasi Indonesia pada Russia Halal Expo 2021 dapat terjadi peningkatan transaksi perdagangan Indonesia ke pasar ekspor Rusia. Kiranya kita perlu mengidentifikasi dan melihat beberapa potential buyer yang serius untuk melakukan kerjasama perdagangan, tentunya perlu juga didampingi dan difasilitasi oleh Atase Perdagangan KBRI Moskow, Rusia,” tuturnya.

Ajang promosi ini sangat penting untuk membuka akses pasar produk perkebunan Indonesia, utamanya kopi. Baca halaman selanjutnya?

Reporter : Humas Ditjen Perkebunan
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018