Thursday, 23 September 2021


Geliat Kopi Bumi Jawara Mengisi Manisnya Ceruk Pasar

14 Sep 2021, 08:45 WIBEditor : Yulianto

Petani kopi | Sumber Foto:Dok. Sinta

TABLOIDSINARTANI.COM, Serang---Banten menjadi salah satu dari sembilan besar produsen beras nasional. Namun siapa sangka, bumi Jawara ini memiliki potensi kopi jenis robusta dan arabika yang tak kalah hebatnya dengan daerah lain di Indonesia.

Provinsi Banten memiliki luas tanaman kopi yang tersebar di sejumlah daerah, seperti Kabupaten Pandeglang, Lebak, dan Serang. Potensi ini menjadi peluang di tengah menjamurnya bisnis kedai kopi yang tentunya membutuhkan banyak pasokan kopi. Sayangnya, produktivitas tanaman kopi milik rakyat masih rendah.

Kepala Distan Kabupaten Serang, Zaldi Dhuhana mengakui, permintaan kopi sangat tinggi yang berasal dari komunitas barista dan pecinta kopi. Pihak komunitas barista dan pecinta kopi yang ingin mengikuti pameran kopi dengan memasarkan bibit kopi dari Kabupaten Serang terkendala pasokan yang terbatas.

“Permintaan banyak tapi petani kita belum bisa memenuhi permintaan tersebut, karena populasi tanaman di Kabupaten Serang masih tergolong kurang,” katanya.

Melihat kurangnya jumlah produksi kopi di Kabupaten Serang maka Distan Kabupaten Serang berencana akan mendorong peningkatan produksi kopi di Kabupaten Serang. Rencananya ada bantuan 30.000 bibit kopi dari Kementerian Pertanian yang akan ditanam di 4 wilayah yaitu Kecamatan Anyar, Cinangka, Padarincang, dan Ciomas. “Semoga dengan bantuan ini produksi kopi di Kabupaten Serang akan meningkat,” ujarnya.

 

Reporter : Suroyo
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018