Monday, 24 January 2022


Terima 7.620 Bibit, Bulukumba Siap Jadi Sentra Durian Musangking

20 Dec 2021, 15:27 WIBEditor : Herman

Penyerahan bibit durian musangking oleh bupati Bulukumba

TABLOIDSINARTANI.COM, Bulukumba – Disela pelaksanaan apel gabungan OPD 1, Bupati Bulukumba HA.Muchtar Ali Yusuf secara simbolis menyerahkan bibit durian Musangking kepada Poktan di Desa Jojjolo Kecamatan Bulukumpa. 

Sebanyak 7.620 pohon bibit durian Musangking diserahkan kepada 5 Kelompok Tani (Poktan) di Desa Jojjolo Kecamatan Bulukumba. Penyerahan secara simbolis dilakukan Bupati Bulukumba HA.Muchtar Ali Yusuf diserahkan di halaman Kantor Bupati Bulukumba, Senin (20/19).

5 kelompok tani yang menerima bibit durian Musangking di Desa Jojjolo Kecamatan Bulukumpa adalah Kelompok Tani Balumbung, Kelompok Tani Mallembang II, Kelompok Tani Lajae I, Kelompok Tani Kampenni, dan Kelompok Tani Mekar Tani.

Diungkapkan HA.Muchtar Ali Yusuf, bibit durian Musangking tersebut merupakan bantuan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di tahun anggaran 2021. 

Jika dilihat dari letak geografis, Bulukumba adalah daerah potensi yang menghasilkan buah durian. Luas areal pertanaman durian di Kabupaten Bulukumba sendiri seluas  1.130, hektar yang tersebar di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Bulukumba, Kindang, Rilau Ale dan Gantarang.  

Untuk jenisnya, petani durian di Bulukumba pada umumnya menanam jenis durian lokal dan jenis Montong. Sedangkan untuk durian Musangking sendiri merupakan durian jenis baru yang berasal dari Malaysia yang mempunyai keunggulan rasa dan daging buahnya yang sangat tebal.

Bupati HA. Muchtar Ali Yusuf mengatakan, pemberian bantuan bibit durian ini adalah upaya bersama Pemerintah Kabupaten Bulukumba dalam mewujudkan pembangunan sektor pertanian – perkebunan melalui kebijakan penyediaan bibit unggul untuk meningkatkan kualitas dan hasil pertanian Kabupaten Bulukumba ke depan.

“Kita bersyukur bahwa program bibit unggul ini didukung oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, sehingga tahun 2021 telah mengalokasikan bantuan bibit durian Musangking di Kabupaten Bulukumba,” katanya. 

Pria yang akrab disapa Andi Utta ini berharap kepada kelompok tani yang menerima bibit durian untuk dapat menjaga dan memelihara bibit durian unggul tersebut, sehingga beberapa tahun ke depan Bulukumba dapat menghasilkan buah durian Musangking yang berkualitas dan bisa diekspor. 

Salah seorang anggota kelompok tani penerima bantuan, Asdar mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan tersebut. Ia mengaku masyarakat patut berbangga atas kerjasama seluruh pihak yang terlibat, sehingga bantuan bibit durian Musangking bisa ditanam di Bulukumba. 

“Insya Allah kita akan rawat dan pelihara, sehingga ke depan menjadi salah satu hal yang bisa menambah peningkatan ekonomi masyarakat,” pintanya.

Selain bantuan bibit durian Musangking, Bupati Andi Utta juga menyerahkan bantuan pompa mesin air berbahan bakar gas secara simbolis.

Bantuan pompa air dengan merek Honda kapasitas 5,5 PK ini merupakan program Kementerian Energi Sumber Daya Mineral RI yang peruntukkan kepada petani di Kabupaten Bulukumba sebanyak 100 unit.

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018