Monday, 24 January 2022


Lahan Perkebunan Diserang Hama Babi, Warga Bulukumba Melakukan Perburuan

31 Dec 2021, 19:25 WIBEditor : Herman

Perburuan hama babi di Bulukumba

TABLOIDSINARTANI.COM , Bulukumba – Serangan hama babi ke perkebunan warga yang meningkat, membuat pemerintah daerah dan warga terus berburu. Perburuan yang dilakukan di beberapa desa di Kabupaten Bulukumba ini berhasil memusnahkan ratusan babi dan masih terus berlanjut hingga saat ini.

Hama babi meresahkan masyarakat di beberapa desa di Bulukumba, karena itu pemerintah daerah dan masyarakat dari beberapa desa di Kecamatan Rilau Ale, Bontotiro, Herlang dan Kajang melakukan perburuan.

Perburuan babi yang dilakukan di Desa Bontomangiring Kecamatan Bulukumpa, dilakukan pada Minggu (26/12). Pada perburuan tersebut, hanya didapat 7 ekor babi dan jumlah tersebut meruapakan yang paling sedikit dari seluruh pencarian yang dilakukan selama ini.

Koordinator Tim berburu hama babi Pemkab Bulukumba, Thayeb Maningkasi menambahkan bahwa sedikitnya 400 ekor babi telah dimusnahkan dalam pencarian di beberapa desa.

Namun hari ini Minggu (26/12) kata Thayeb , hasilnya jauh dari yang diharapkan meskipun tim yang turun hari ini cukup banyak, sekitar 200an orang, termasuk tim dari Kabupaten Sinjai yang turut membantu.

Thayeb menduga jika hama babi di wilayah Bontomangiring memang tidak banyak, namun ada satu hal yang membuat tim merasa berhasil, karena mendapatkan hasil buruan hama babi dengan bobot tubuh yang sangat besar jika dibandingkan dengan yang didapatkan sebelumnya.

“Babi ukuran yang sangat besar kami dapatkan di Desa Bintomangiring. Dan Minggu depan kami kembali akan fokus di Kecamatan Bontotiro, karema laporan warga bahwa di Bontotiro masih banyak hama babi yang meresahkan,” sebut Thayeb.

Sementara itu, Bupati Bulukumba HA Muchtar Ali Yusuf mencari berburu di Desa Bontomangiring hari ini dinilai gagal, karena hanya mendapatkan tujuh ekor.

Andi Utta sapaan akrab Bupati Bulukumba mengaku tidak puas dan berencana akan kembali melakukan pencarian.

” Kami ingin pemerintah setempat mengajak masyarakat untuk memaksimalkan berburu karena ini untuk kepentingan bersama dalam upaya mengelola lahan perkebunan warga dari serangan babi,” tegas Bupati Andi Utta.

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018