Wednesday, 10 August 2022


BPDPKS Pacu Inovasi Olahan Pangan Sawit

28 May 2022, 09:31 WIBEditor : Yulianto

Alur permohonan kerjasama dengan BPDPKS | Sumber Foto:Sinar Tani

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Kekinian, produk olahan kelapa sawit bukan hanya minyak goreng. Banyak ragam produk olahan yang terus berkembang, termasuk untuk kalangan pelaku Usaha Kecil, Menengah dan Koperasi (UKMK). Beragam kreasi dan inovasi produk olahan sawit diantaranya Virgin Red Palm Oil (VRPO), mie instan, rendang sawit dan kue olahan seperti bolu dan kue kering.

Kepala Divisi Usaha Kecil Menengah dan Koperasi Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Helmi Muhansyah mengatakan, sesuai amanat Perpres Nomor 61/2015 jo.Perpres No.66/2018, BPDPKS merupakan badan layanan umum yang bertugas menjalankan kebijakan pemerintah dalam pengembangan sawit berkelanjutan melalui penghimpunan, pengembangan dan penyaluran dana.

“Prinsipnya dari sawit kembali ke sawit,” kata Helmi saat webinar Sosialisasi Inovasi Pangan Olahan dari Kelapa Sawit yang diselenggarakan Tabloid Sinar Tani bersama BPDPKS di Jakarta, Rabu (25/5).

Menurutnya, semua kegiatan yang berhubungan dengan kelapa sawit dari hulu hingga hilir jika memenuhi syarat dan ketentuan berhak mendapatkan pendanaan dari BPDPKS. Karena itu, langkah mendorong hilirisasi industri perkebunan kelapa sawit menjadi salah satu misi BPDPKS disamping kegiatan promosi.

Saat ini Divisi Usaha Kecil Menengah dan Koperasi yang merupakan bagian dari Direktorat Kemitraan BPDPKS menjalin hubungan dengan mitra strategis. Diantaranya, Kementrian/Lembaga (K/L), Lembaga Pendidikan, Lembaga Penelitian, Perusahaan, Koperasi, Asosiasi, termasuk media dalam memperkuat kegiatan pengembangan tersebut.

Dengan menggandeng IPB, BPDPKS menggelar Workshop Kemitraan UKMK khusus untuk pengembangan produk seasoning guna memperkuat UKMK pangan dalam pengembangan produk hilir sawit. “Masih dengan IPB, kami juga melakukan launching rendang sawit, sebagai salah satu olahan pangan siap santap yang menjadi makanan kebanggan masyarakat Sumatera Barat dan Indonesia,” kata Helmi.

Di masa pandemi ini Helmi mengatakan, pihaknya aktif mengadakan sosialisasi inovasi olahan pangan maupun lomba kreasi pangan UKMK secara daring melalui kegiatan webinar dengan menggandeng beberapa media, termasuk Tabloid Sinar Sinar Tani. Tujuannya untuk menyebarluaskan informasi peluang usaha hilirisasi industri sawit, khususnya pangan olahan.

Helmi menyampaikan, Direktorat Kemitraan BPDPKS akan menerima semua proposal pendanaan kegiatan termasuk promosi dari pihak luar dengan mengikuti SOP yang sudah ditetapkan. Pertama, pemohon harus mengajukan surat dan proposal untuk disampaikan kepada BPDPKS.

Setelah proposal diterima, selanjutnya melalui proses verifikasi dan kelayakan pendanaan. Jika disetujui, maka akan diajukan dan dimintakan persetujuan direktur utama yang nanti akan dimuat pada surat jawaban. “Jika disetujui langkah beriktnya adalah pembuatan perjanian kerja sama (PKS) untuk kemudian dilanjut dengan kegiatan promosi,” katanya.

Setelah kegiatan berlangsung, Helmi mengingatkan, penyelenggara kegiatan wajib melaporkan kegiatan secara tertulis sesuai ketentuan yang telah disepakati bersama dalam bentuk pertanggung jawaban yang disusun secara sistematis dan komprehensif. “Kami akan melakukan pencairan dana apabila semua persyaratan dan pertanggung jawaban telah sesuai yang dipersyaratkan ke nomer rekening yang ditunjuk,” tuturnya

Reporter : iqbal
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018