Wednesday, 10 August 2022


Ini Keuntungan Pola Kemitraan bagi Pekebun

30 Jun 2022, 12:14 WIBEditor : Gesha

Pekebun Sawit | Sumber Foto:iSTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Ketua Umum Asosiasi Petani Kelapa Sawit Plasma Inti Rakyat (Aspekpir), Setiyono menuturkan ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan pekebun sawit swadaya yang bergabung dengan pola kemitraan perusahaan sawit. Apa sajakah?

"Pekebun senang dengan kemitraan atau sistem plasma, selain itu, terintegrasi dengan perusahaan inti, legalitas kebun jelas," ungkapnya dalam  Webinar Membangun Jembatan Kemitraan dengan Perusahaan 'Alternatif Dorong Peremajaan Sawit Rakyat' yang digelar TABLOID SINAR TANI bekerjasama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit ( BPDPKS), Rabu (29/06).

Setiyono menambahkan, dengan pola kemitraan ada banyak keuntungan yang dirasakan oleh pekebun sawit swadaya, seperti adanya kepastian penjualan hasil bagi mereka. "Terutama saat Lebaran dan harganya pasti meningkat. Perusahaan sendiri tidak boleh menolak. Perusahaan wajib menerima. Berapapun jumlahnya. Disinilah kauntungan kemitraan. Jadi harga jatuh, TBS tidak diterima, di pola kemitraan tidak terjadi," tegasnya.

Tak hanya itu, harga TBS pun sudah terikat dengan aturan Permentan. Mulai tahun 1998 hingga sekarang, yang bisa memenuhi kriteria panen hanya petani plasma. "Dalam kemitraan ini, jika menjadi petani plasma dalam penetapan harga ada harga insentif. Sehingga saat pekebun plasma memberikan TBS dengan kriteria bagus, ada insentif 4 persen. Sehingga pekebun bisa mendapatkan hasil tambahan," tutur. 

Keuntungan lain yang dirasakan pekebun adalah kelembagaan mereka yang terus berkembang karena adanya pembinaan dari perusahaan dan Dinas terkait.  Usaha pekebun pun bisa terprogram dengan baik dengan adanya pendampingan langsung oleh perusahaan, sehingga perkebunan sawit bisa berkelanjutan dengan acuan Pasar Internasional. 

Reporter : NATTASYA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018