Sabtu, 01 Oktober 2022


BPDPKS Dorong Komersialisasi Riset Sawit Skala UKM

21 Sep 2022, 05:27 WIBEditor : Herman

BPDPKS Gandeng Universitas Lambung Mangkurat Selenggarakan Workshop Teknologi Produksi Produk Hilir Kelapa Sawit | Sumber Foto:Doc. BPDPKS

TABLOIDSINARTANI.COM, Kalimantan Selatan --- Program penelitian dan pengembangan (riset) perkebunan kelapa sawit dari aspek hulu hingga hilir yang dikembangkan BPDPKS merupakan salah satu upaya untuk melakukan penguatan, pengembangan dan peningkatan pemberdayaan perkebunan dan industri kelapa sawit nasional.

Sejalan dengan itu, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menggandeng Universitas Lambung Mangkurat mengadakan  Kegiatan Kemitraan UKMK berupa Workshop Teknologi Produksi Produk Hilir Kelapa Sawit. Kegiatan dilaksanakan di  Hotel Sinar Terang Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan 20-21 September 2022. 

Dalam sambutannya pada pembukaan acara workshop,  Direktur Utama BPDPKS yang diwakili Kepala Divisi UKMK Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Helmi Muhansyah menyampaikan berbagai upaya terus dilakukan BPDPKS dalam rangka memperkuat kemitraan UKMK Sawit. Salah satunya melalui Talkshow dan Pameran Kemenkeu Satu di Sektor Kelapa Sawit.

Rangkaian kegiatan dilakukan dengan menggandeng seluruh eselon yang ada di lingkup Kementerian Keuangan termasuk Badan Layanan Umum (BLU) dan Special Mission Vehicle (SMV). Kegiatan telah dilaksanakan di dua tempat yaitu di Jakarta dan Pekanbaru dan akan menyusul kegiatan di Surabaya dan Lampung. 

“Rangkaian kegiatan workshop ini dalam rangka mengkomersialisasikan hasil-hasil riset terkait kelapa sawit untuk Skala Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan tujuan meningkatkan nilai tambah dari produk kelapa sawit dan mendorong pekebun sawit tidak hanya bergantung kepada Tandan Buah Segar,” tambah Helmi.

Sementara itu, Rektor Universitas Lambung Mangkurat terpilih, Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, S.E., M.Si. mendukung sepenuhnya hilirisasi produk sawit sebagai hasil dari riset produk hilir sawit serta mendorong peningkatan dana riset maupun sarana dan prasarana yang memadai.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel  Suparmi MS menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan selatan mendukung sepenuhnya produksi minyak sawit merah sebagai salah satu industri di Kalimantan Selatan dan langkah ini akan direalisasikan,

“Selain itu diperlukan upaya Peningkatan sosialisasi manfaat positif konsumsi minyak sawit merah pada masyarakat. Terkait produk sawit Pemerintah  mendukung sepenuhnya pengembangan produk hilir sawit berkembang pada petani sawit di Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Workshop yang dilaksanakan selama dua hari ini memberikan berbagai keterampilan meliputi pelatihan produk diversifikasi dari minyak sawit merah, seperti sabun cair sawit merah, sabun padat sawit merah, lips balm, salad dressing (mayonaise sawit merah) dan bumbu masak habang sawit merah.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan workshop penguatan UKMK Teknologi Produksi Produk Hilir Kelapa Sawit antara lain Dekan Fakultas Pertanian ULM Dr. Ir. Bambang Joko Priatmadi, Perwakilan LPPM ULM, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalimantan Selatan , Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tanah Laut, GAPKI, Asosiasi Petani Sawit,  serta Perwakilan UKMK Pekebun Sawit d Kalimantan Selatan.

Reporter : Iqbal
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018