Jumat, 23 Februari 2024


Kolaborasi Dengan DPR RI, BPDPKS Promosi Sawit Baik di Jombang

28 Okt 2022, 06:15 WIBEditor : Herman

Sosialisasi dan Expo sawit baik Indonesia 2022 di Jombang | Sumber Foto:Humas BPDPKS

TABLODSINARTANI.COM, Jombang --- Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) berkolaborasi dengan  Komisi IV DPR RI mengadakan kegiatan  Sosialisasi dan Expo sawit baik Indonesia 2022 dengan tema hiliisasi sawit menuju ketahanan ekonomi nasional.

Dalam kegiatan yang berlangsung Kamis, (27/10) di Hotel Green Red Jombang, Anggota komisi IV DPR RI  Muhtarom menyampaikan di Jombang tidak ada sawit  namun jika  terjadi sesuatu terhadap sawit akan terdampak.

Karena itu, Muhtarom menegaskan perlunya pemahaman terhadap sawit, agar tidak suudzon terhadap tata Kelola sawit. Komtribusi sawit luar biasa terhadap devisa terutama dari PNBP, karena itu penting  dimaksimalkan supaya hulu sampai dengan hilir nilai tambahnya di dalam negeri.

“Harapan nilai tambah sawit ada di  petani dan di dalam negeri. Produk sawit bisa dijadikan  minyak goreng, bahan bakar nabati, deterjen, sabun, konsumsi makanan, handsanitizer, biodiesel,” tambhanya..

Pada kesempatan yang sama Kepala Divisi Usaha Kecil Menengah dan Koperasi BPDPKS, Helmi Muhansyah menyampaikan Kegiatan ini merupakan salah satu upaya BPDPKS untuk menkampanyekan persepsi positif terhadap sawit sebagai upaya menghadapi black campaign yang dilakukan oleh pihak-pihak yang menyerang sawit Indonesia.

Di Jombang perlu juga dikampanyekan kebaikan-kebaikan sawit kepada anak-anak usia dini misalnya melalui kegiatan lomba menggambar dan mewarnai serta dongeng anak tentang sawit.

“Bagi UKMK di Jombang terdapat berbagai peluang untuk memanfaatkan dan mengembangkan hasil produk dan turunan sawit, misalnya pemanfaatan untuk batik sawit, pemanfaatan sabun kalsium dari lemak minyak sawit untuk peningkatan produksi susu. Coating buah dari sawit untuk sayur dan buah<” tegas Helmi.

Dosen Fakultas Pertanian IPB University, Dr Hariyadi yang juga hadir dalam kegiatan tersebut  menyampaikan capain kinerja pengembangan kelapa sawit yang sangat spektakuler dari awal hanya 4 bibit di kebun raya Bogor pada tahun 1848, pada tahun 2022 menjadi 16,38 juta hektar dengan menghasilkan 46,8 juta ton CPO, 4,4 juta ton PKO dan 34,2 juta ton ekspor CPO.

Ia juga menyampaikan struktur nilai tambah turunan produk sawit serta pengolahan minyak sawit menjadi berbagai macam produk.

Dalam Rangkaian kegiatan  Sosialisasi dan Expo sawit baik Indonesia di Jombang  juga ditampilakan berbagai macam contoh produk dari sawit dan turunannya seperti minyak merah, sabun, handsanitizer, handsoap, pupuk dari sawit dan kerajinan.

Dalam kegiatan juga ditampilkan seni tradisional di Jombang yaitu tari remo, tari tradisonal yang biasa ditampilkan pada saat pertunjukan Ludruk.

Reporter : Iqbal
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018