Kamis, 09 Februari 2023


Permentan No. 3 Tahun 2022 Berikan Kepastian Hukum PSR

12 Jan 2023, 04:37 WIBEditor : Yulianto

Persyaratan peremajaan sawit rakyat kian simpel | Sumber Foto:Dok. Sinta

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Kementerian Pertanian telah penerbitan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia, Penelitian dan Pengembangan, Peremajaan, serta Sarana dan Prasarana Perkebunan Kelapa Sawit. Permentan tersebut untuk memberikan kepastian hukum terhadap berjalan optimalnya program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).

Direktur Jenderal Perkebunan Kementan, Andi Nur Alam Syah mengatakan, dengan berbagai terobosan dan inovasi untuk meningkatkan produksi sawit dalam negeri, terbitnya Permentan No 3 tahun 2022 memberikan kepastikan hukum terhadap bantuan PSR. Artinya, bantuan itu benar-benar terlaksana dan diterima petani secara tepat dan cepat, juga memperlancar dan melindungi petani.

“Jadi bukan untuk memberatkan atau mempersulit petani saat memproses bantuan program PSR,” katanya. Tercatat, realisasi capaian rekomendasi teknis program PSR selama tahun 2022 seluas 17.587 ha. 

Andi Nur menjelaskan, capaian program PSR ini harus diapresiasi karena dalam pelaksanaanya dihadapkan tantangan yang berat. Misalnya, minat pekebun untuk berpartisipasi program peremajaan serta aspek legalitas dan status lahan.

Minat Pekebun menurutnya, sangat memiliki korelasi dengan harga TBS yang relatif meningkat pasca larangan ekspor produk kelapa sawit, sehingga sangat berpengaruh terhadap capaian pada program PSR.

Andi Nur berharap, hadirnya Permentan Nomor 3 tahun 2022 ini mencegah tumpang tindih lahan, kepastian hukum dan adil. Dengan demikian, kepemilikannya clear and clean dan tidak ada masalah dikemudian harinya. Demi kebutuhan petani, Permentan ini terus disempurnakan sehingga dapat atasi kondisi di lapangan, saat ini sedang proses harmonisasi di Kemenkumham,” jelasnya.

Legalitas lahan memang menjadi kendala. Berikut upaya pemerintah mengatasi persoalan tersebut. Baca halaman selanjutnya

Reporter : Julian
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018