Kamis, 09 Februari 2023


Melirik Kampung Kopi Pagaran Tapanuli Utara

24 Jan 2023, 10:21 WIBEditor : Herman

Kampung Kopi Kecamatan Pagaran Tapanuli Utara | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Tapanuli Utara --- Kampung Kopi kini hadir di Kecamatan Pagaran, Tapanuli Utara. Dengan mengandalkan kopi sebagai komoditas utama, Kampung Kopi Pagaran diharapkan bisa mendorong produktifitas dan mengoptimalkan pengolahan kopi di daerah tersebut.    

Diungkapkan Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Tapanuli Utara, Dr. Ir. Erikson Sianipar MM. bahwa nantinya Kampung Kopi diharapkan dapat menghasilkan kopi berkualitas, selain itu juga tanaman tumpeng sari dan tanaman horti lainnya.

"Nantinya akan dikembangkan kawasan kampung kopi terpadu, yang didalamnya terdapat kegiatan budidaya secara organik, pengolahan, dan pemasaran yang akan terintegrasi dengan agrowisata, pusat pendidikan serta benih center." jelas Erikson.

Dengan hadirnya perkebunan kopi seluas 50 ha ini diharapkan dapat menjadikan kopi sebagai komoditas unggulan Pagaran serta bisa lebih mengoptimalkan pengolahan hasil yang didapat.  

Bersamaan penetapan Kampung Kopi, juga akan diresmikan Koperasi Kopi yang akan menjadi pengelola kawasan kampung kopi yang melihbatkan kalangan milenial.

Selain Kampung Kopi, di Kecamatan Pagaran juga akan dikembangkan kawasan kebun koleksi benih, agriwisata berbasis hutan yang dilengkapi dengan cafe  serta wahana wisata. Juga tidak ketinggalan akan dikembangkan pusat pengolahan kopi premium sekaligus sebagai pusat pelatihan.

 

Reporter : NS/hmsdjbun
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018