Senin, 04 Maret 2024


Kecambah Unggul PPKS

29 Sep 2023, 11:31 WIBEditor : Yulianto

Benih sawit PPSK | Sumber Foto:DOK. ppks

Mengenai jenis kecambah unggul, Taufiq menjelaskan, Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Media  sejauh ini telah menghasilkan sedikitnya sembilan varietas benih kelapa sawit dengan hasil tandan buah segar (TBS) 35 – 39 ton/ha/tahun.

Dari sembilan varietas tersebut dikategorikan dalam empat grup, yakni Dumpy, SP540, Yangambi, dan Langkat. Varietas tertinggi adalah Yangambi dengan potensi TBS yang dihasilkan mencapai 39 ton/ha/tahun.

Varietas DxP Yangambi merupakan salah satu generasi pertama dari beberapa varietas sawit yang dihasilkan PPKS pada periode 1980. Kelebihan ini varietas ini memiliki potensi produksi CPO dan PKO yang tinggi (8,8 ton/ha/tahun). Petani menyukai varietas Yangambi karena rerata bobot tandan yang tinggi.

Sedangkan varietas DYP Sungai Pancur (Sp-1) atau lebih populer disebut Dumpy adalah jenis unik yang menonjol. Pertumbuhannya lambat, kurang dari 55 cm per tahun. Dengan karakteristik ini, Dumpy memiliki kemampuan langka untuk mencapai usia ekonomis hingga 30 tahun atau lebih, sebuah prestasi yang sulit ditandingi varietas lain.  

“Keunggulan lain varietas ini, ukuran batangnya relatif besar, sehingga varietas ini menjadi pilihan ideal untuk lahan gambut dengan tujuan mengurangi risiko rebah yang berpotensi merugikan,” katanya.

PPKS juga telah meluncurkan produk benih bernama DxP 540 NG untuk menghadapi serangan ganoderma. Benih ini mulai dijual komersil pada 2018. Karakter varietas ini, produksi TBS dan minyaknya yang sangat baik. Pada umur 6 tahun, dapat menghasilkan 35 ton TBS/ha/tahun dengan tingkat rendemen minyak 26,5-27,4 persen.

Masih banyak varietas sawit yang telah dihasilkan PPKS. Dengan berbagai kelebihan, PPKS memberikan pilihan benih sawit unggul kepada pekebun.

Reporter : Gsh
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018