Senin, 04 Maret 2024


Pola Pengusulan Dana PSR

03 Okt 2023, 10:57 WIBEditor : Yulianto

Peran benih dalam program PSR sangat besar | Sumber Foto:BPDPKS

Bagaimana bisa mendapatkan dana PSR? Direktur Penghimpunan Dana BPDPKS, Sunari mengungkapkan, ada dua pola pengusulan program PSR yaitu melalui kedinasan dan pola kemitraan. Untuk pola kedinasan, pengajuan dilakukan oleh kelembagaan petani dengan persyarat legalitas kelembagaan serta legalitas lahan.

Setelah itu untuk proses verifikasi dilakukan Dinas  Perkebunan Kabupaten yang akan memverifikasi administrasi dan lapangan. Untuk Dinas Provinsi akan memverifikasi kelengkapan usulan. Sedangkan Ditjen Perkebunan akan melakukan verifikasi kelengkapan usulan dan penerbitan Rekomendasi Teknis.

“Jika semua proses verifikasi telah dilalui, maka BPDPKS akan melakukan proses penyaluran dana peremajaan. Untuk proses pencairan dana PSR dilakukan dengan Penerbitan SK Dirut, PKS 3 Pihak, serta transfer Dana ke Pekebun,” kata Sunari.

Sedangkan untuk pola pengusulan PSR melalui kemitraan dilakukan kelembagaan tani dan perusahaan perkebunan. Untuk verifikasi persyaratan dilakukan Ditjen Perkebunan sebagai penerima usulan,  surveyor yang akan melakukan verifikasi on desk on site, lalu setelah itu Ditjen Perkebunan yang akan mengeluarkan rekomendasi teknis.

“Untuk mensukseskan Program PSR diperlukan dukungan dari Kepala Daerah mulai dari pengusulan sampai dengan pengawasan terhadap penggunaan dana PSR menjadi kebun sawit,” tegasnya. 

Reporter : Herman
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018