Minggu, 14 April 2024


Angkat Ekonomi Petani Tembakau, Pemkab Sinjai Dorong Pengembangan Cerutu

07 Nov 2023, 09:59 WIBEditor : Herman

PJ Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah kunjungi sentra tembakau di desa Batu Belerang, Kecamatan Sinjai Borong. | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Sinjai --- Pemerintah Kabupaten Sinjai terus mendorong potensi tembakau untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.  Salah satunya dengan mengolah menjadi cerutu yang memiliki prospek pasar menjanjikan.

Hal tersebut diungkapkan PJ Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah saat berkunjung ke sentra tembakau di desa Batu Belerang, Kecamatan Sinjai Borong.

Fahsul yang melihat langsung  proses produksi tembakau milik pengusaha lokal Umar mengatakan bahwa usaha tembakau yang digeluti oleh petani yang ada di Sinjai Borong sudah cukup baik namun masih harus dikembangkan agar meningkatkan nilai jual tembakau tersebut.

“Sebagai dukungan Pemerintah Kabupaten, kita telah menyiapkan anggaran untuk tahun depan pembuatan rokok cerutu, makanya saya meminta kepada Dinas Perindag dan Dinas Pertanian Sinjai untuk berkolaborasi mewujudkan pembuatan rokok cerutu dari tembakau yang ada di Sinjai Borong”, tandasnya.

Apalagi Kata dia, jenis tembakau lokal yakni Tembakau Bondeng dan Pance yang ada di Sinjai Borong nantinya cocok untuk dibuat cerutu.

“Jika nantinya ini bisa kita lakukan tentu akan meningkatkan taraf perekonomian masyarakat”, jelasnya.

Sementara pemilik usaha tembakau, Umar mengatakan hasil tembakau produksinya bukan hanya dipasarkan di Sinjai akan tetapi sampai diluar kabupaten seperti Soppeng, Gowa, Jeneponto, Bantaeng dan beberapa daerah lainnya dengan harga bervariasi sesuai kualitasnya.

Dalam kunjungannya, Pj Bupati Sinjai didampingi Kepala Disperindag dan Kepala Dinas Pertanian Sinjai. Hadir pula Camat Sinjai Borong dan Kepala Desa Batu Belerang.

Reporter : Suriady
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018