Sabtu, 24 Februari 2024


Lewat Internship Gen Z, Kementan Kenalkan Daya Tarik Perkebunan

23 Jan 2024, 09:40 WIBEditor : Gesha

Internship Gen Z, cara Kementan tarik Milenial ke Dunia perkebunan | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Kementerian Pertanian, melalui Direktorat Jenderal Perkebunan dan secara khusus Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Pontianak, menyelenggarakan program internship untuk generasi Z yang masih siswa atau mahasiswa.

Direktur Jenderal Perkebunan, Andi Nur Alam Syah, menjelaskan bahwa pemerintah terus mengajak dan membimbing generasi muda untuk menggali potensi dan mengembangkan bidang pertanian, termasuk perkebunan.

"Fasilitas magang ini bertujuan memberikan pemahaman dan pengalaman tentang lingkungan kerja, dengan fokus pada pengenalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) perkebunan dan pengendalian OPT menggunakan Agens Pengendali Hayati (APH)," ujar Andi Nur.

Pentingnya penggunaan APH dalam budidaya tanaman dan pengendalian OPT ditekankan, mengingat tuntutan pasar global yang semakin ketat terhadap keamanan konsumsi dan keberlanjutan lingkungan.

Andi Nur optimistis terkait investasi perkebunan yang semakin terbuka lebar, dan ia berharap semakin banyak generasi muda yang tertarik dan terlibat dalam mengembangkan perkebunan beserta produknya.

Andi Nur menambahkan, fasilitas magang ini terbuka luas untuk siswa dan mahasiswa di Direktorat Jenderal Perkebunan pusat maupun UPT-UPT Ditjen Perkebunan di daerah, termasuk BPTP Pontianak.

"Bagi seluruh Gen Z dan generasi muda, manfaatkan kesempatan emas ini untuk terus belajar. Mari bersama-sama kita majukan perkebunan Indonesia," ajak Andi Nur.

Fasilitasi Internship ini sejalan dengan pernyataan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, yang beberapa waktu lalu.

"Generasi muda perlu berperan aktif dan proaktif untuk mendorong kemajuan perkebunan Indonesia," sebutnya.

Amran menekankan pentingnya ide-ide segar dan kreatif dari anak muda dalam sektor pertanian, untuk meningkatkan nilai tambah produk perkebunan dan daya saing di pasar global.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018