Jumat, 23 Februari 2024


Dengan Penerapan Standar, Pagar Alam Hadirkan Rasa dan Aroma Kopi Terbaik

12 Peb 2024, 15:08 WIBEditor : Gesha

Kopi Pagar Alam hasil pendampingan BPSIP Sumsel | Sumber Foto:BPSIP

TABLOIDSINARTANI.COM, Pagar Alam --- Ketika bicara tentang kopi, Pagar Alam telah menetapkan standar baru dalam mengekspresikan rasa dan aroma yang tak tertandingi. Dengan menggabungkan keahlian tradisional dengan teknologi modern, kota ini mempersembahkan pengalaman kopi yang tak terlupakan bagi para penikmatnya.

Pagar Alam, sebuah perjalanan rasa di jantung Sumatera Selatan, terkenal sebagai lumbung kopi dengan citarasa yang luar biasa (skor 80,50 – 82,50). Mewarisi tradisi sejak zaman penjajahan Belanda, budidaya kopi di ketinggian 1000 mdpl telah menjadi bagian dari kehidupan petani setempat. 

Di sini, mayoritas kopi yang tumbuh adalah varietas Robusta yang memberikan keunikan tersendiri. Dari pahitnya yang menyegarkan, keasaman yang menyengat, hingga sentuhan manis yang lembut, kopi robusta dari Pagar Alam memberikan pengalaman yang tiada duanya. 

Setiap tegukan tak hanya menghadirkan cita rasa yang menggugah selera, tetapi juga mempersembahkan aroma yang menghanyutkan, meninggalkan kenangan tak terlupakan di hati para penikmatnya.

Kopi Robusta dari Pagar Alam tidak hanya sekadar kopi; ia adalah cerminan dari kekayaan rasa dan aroma yang unik, menjadi incaran utama para pencinta kopi. Di balik kelezatan yang tak tertandingi ini, terdapat sebuah rumah produksi yang menjadi pusat keajaiban kopi: Kelompok Wanita Tani (KWT) rumah kopi Beguyur. 

Berlokasi di Kelurahan Candi Jaya, Kecamatan Dempo Tengah, Kota Pagar Alam, tempat ini menjadi tempat di mana biji kopi bermutu tinggi diolah menjadi kopi sangrai dan bubuk dengan sentuhan khas yang tak terlupakan.

Setiap tahunnya, KWT Beguyur mampu menghasilkan hingga 15 ton biji kopi dengan kualitas terbaik. Jangkauan cakupan nikmat kopi mereka tidak hanya terbatas pada Sumatera Selatan; telah merambah ke berbagai daerah seperti Bangka, Malang, Yogyakarta, Bandung, Cilegon, dan Tangerang, menyuguhkan pengalaman kopi yang memikat bagi penikmatnya.

Namun, semangat untuk meningkatkan kualitas produk tidak pernah pudar di KWT Beguyur. Tahun 2023 dijadikan sebagai tonggak penting untuk terus mengasah mutu produk mereka, menetapkan standar yang lebih tinggi lagi dalam mengekspresikan keunggulan rasa dan aroma kopi dari Pagar Alam.

Tingkatkan Jaminan Mutu

Kepercayaan konsumen, ekspansi pasar, dan keunggulan kompetitif merupakan pilar penting bagi kesuksesan bisnis. Untuk mencapai hal ini, KWT Beguyur memahami bahwa peningkatan jaminan mutu produk adalah kunci utama. 

Dengan menghadirkan produk yang memenuhi standar kualitas yang ditetapkan, mereka tidak hanya akan meningkatkan kepercayaan konsumen, tetapi juga memperluas pangsa pasar serta memperkuat posisi dalam persaingan industri.

Melalui penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk biji kopi, kopi sangrai, dan kopi bubuk, KWT Beguyur bertekad untuk memastikan bahwa setiap tahap produksi sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan. 

Dengan demikian, tidak hanya mutu produk yang terjamin, tetapi juga proses produksi akan menjadi lebih efisien, mengurangi kesalahan, dan mengendalikan biaya produksi dari awal hingga akhir, mulai dari pemilihan bahan baku hingga pengemasan.

Lebih jauh lagi, produk yang memenuhi standar SNI akan memperkuat citra merek, membuka peluang pasar yang luas baik di tingkat lokal, seperti ritel dan marketplace, maupun secara global. 

Dengan komitmen untuk mematuhi prosedur dan konsisten dalam penerapan standar yang ditetapkan, KWT Beguyur bertekad untuk mencapai target yang telah ditetapkan dan mempersembahkan produk berkualitas tinggi kepada para konsumen.

 

Reporter : BPSIP Sumsel
Sumber : BBPSIP
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018