Jumat, 14 Juni 2024


20 Dosen Politeknik Aceh Ikuti Bimtek Penguatan SDM Pendidikan Sawit

02 Mei 2024, 06:31 WIBEditor : Gesha

Sekitar 20 Dosen perwakilan dari Politeknik Aceh, Politeknik Indonesia Venezuela dan Politeknik Aceh Selatan Mengikuti Uji Sertifikasi Kompetensi Skema Asisten Pengolahan di TUK Sewaktu Politeknik Aceh. | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Banda Aceh (25/04/2024) Sekitar 20 Dosen perwakilan dari Politeknik Aceh, Politeknik Indonesia Venezuela dan Politeknik Aceh Selatan Mengikuti Uji Sertifikasi Kompetensi Skema Asisten Pengolahan di TUK Sewaktu Politeknik Aceh.

Dalam sambutannya, Dr. Hilmi, Direktur Politeknik Aceh, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dosen dalam bidang Kelapa Sawit, serta memperkuat pembelajaran, pengetahuan, dan pengakuan kompetensi mereka.

"Ini juga menunjukkan komitmen serius Politeknik Aceh dalam mendukung program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor Kelapa Sawit, khususnya dalam Program Beasiswa Sawit Tahun 2024 yang didukung oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit," sebutnya.

Hilmi menambahkan, dalam penyelenggarannya, kegiatan ini menggandeng LSP P3 Perkebunan Holtikultura Indonesia (LSP PHI) sebagai lembaga sertifikasi profesi yang terkemuka di Indonesia

"Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 24-25 April 2025 di Kampus Politeknik Aceh Banda Aceh," tuturnya.

Sementara itu,Direktur LSP PHI, Ir. Darmansyah Basyaruddin, MSc dalam sambutannya menyebutkan bahwa pentingnya Sertifikasi Kompetensi ini khususnya Tenaga Pengajar Politeknik yang merupakan pendidikan Vokasi untuk mendapatkan pengakuan negara atas kompetensi yang dimiliki dan nilai tambah untuk SDM Sawit.

Karena kebutuhan untuk peningkatan mutu lulusan dari Penerima Beasiswa serta Tenaga Pengajarnya maka perlu diterapkan uji kompetensi untuk memastikan bahwa yang mengajar di bidang kelapa sawit harus memiliki keahlian yang memadai sesuai dengan SKKNI Nomor 237 Tahun 2019 Tentang Penetapan SKKNI Bidang Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan.

Reporter : Wawan
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018