Jumat, 12 Juli 2024


Promosikan Produk UKMK Sawit, BPDPKS Kenalkan Helm Sawit Pada OIKN

07 Jun 2024, 11:07 WIBEditor : Herman

TIM BPDPKS Promosikan Helm Sawit pada OIKN | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Balikpapan --- Produk UKM dari bahan sawit kini sudah semakin berkembang dan beragam. Salah satunya adalah helm proyek sawit yang coba diperkenalkan BPDPKS kepada Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN). Hal tersebut dilakukan tim BPDPKS, saat mengunjungi booth Otorita IKN dalam kegiatan Indonesia City Expo (ICE) 2024 di area BSCC Dome Balikpapan (6/6).

Helm proyek menjadi salah satu bagian penting dalam standar safety proses Pembangunan Ibu Kota Nusantara. Hal tersebut mendorong BPDPKS untuk mempromosikan produk ini kepada OIKN,

Dalam penjelasannya, Kepala Divisi Usaha Kecil Menengah dan Koperasi BPDPKS, Helmi Muhansyah menyampaikan berbagai upaya BPDPKS dalam membangun kemitraan UKMK Sawit, termasuk peluang untuk berkolaborasi dengan Otorita IKN.

“Kegiatan-kegiatan UKMK sawit sangat potensial untuk dikolaborasikan terutama salah satu konsep dalam pembangunan IKN adalah menerapkan Sustainable Development Goal yang juga sejalan dengan prinsip-prinsip pengembangan sawit berkelanjutan.” ungkapnya,

Selain itu Helmi juga mengungkapkan terdapat beragam produk turunan sawit termasuk dari hasil grant riset sawit  yang dapat dikembangkan untuk masyarakat. Terutama di sekitar wilayah IKN terdapat sawit-sawit rakyat, sehingga pekebun-pekebun sawit dapat mendapatkan nilai tambah dari hasil sawit. 

:Kegiatan ini juga akan mendorong percepatan tercapainya salah satu prinsip dari 8 (delapan) prinsip Ibu Kota Negara yaitu peluang ekonomi untuk semua” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan salah produk produk UKM sawit yang sudah mendapatkan Standar Nasional Indonesia, yaitu helm proyek sawit kepadi Perwakilan OIKN, Dr Dwi Agus Susilo, dari Kedeputian  Transformasi Hijau dan Digital.

Helm proyek sawit merupakan inovasi biomaterial dengan dukungan riset dan hilirisasi dari BPDPKS. Cangkang helm merupakan komposit dengan filler serat mikropartikel tandan kosong kelapa sawit (TKKS), dan telah tersertifikasi SNI juga paten granted P00201609159 serta paten brand D002017041221 dengan TKDN 71,12%.

Helm green composite berbahan sawit yang merupakan produk inovasi Dr. Siti Nikmatin dari  IPB University ini memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya high impact, menggunakan material komposit dan bukan polimer, ringan, ramah lingkungan karena berbahan biomass sawit serta tidak panas jika digunakan.

Komersialisasi helm sawit oleh UKM yaitu PT Interstisi Material Maju (PT IMM) dan PT Material Data Space (PT MDS) menjadi bagian dari UKMK sawit baik mitra  BPDPKS.

 

Reporter : Eko
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018