Jumat, 14 Juni 2024


BPDPKS Promosi UKMK Sawit pada Dekranasda Kabupaten se- Indonesia

10 Jun 2024, 16:34 WIBEditor : Herman

BPDPKSI Promosikan UKMK Sawit | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Trenggalek --- Promosi produk UKMK Sawit terus dilakukan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Salah satunya kepada Ketua  Dekranasda Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia dalam Talkshow Women Program dalam rangkain Kegiatan HUT ke-24, Asosiasi Pemeritah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi).

Ketua  Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda)/Ketua PKK  Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini menyampaikan kegiatan Talkshow Women Program sebagai  rangkaian Kegiatan HUT ke-24, Asosiasi Pemeritah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi).

“Apkasi memiliki misi besar agar seluruh perwakilan kabupaten dapat membantu kemajuan Indonesia dan mewujudkan komitmen untuk menjadi teladan dan memberikan kontribusi untuk Indonesia” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Divisi Usaha Kecil Menengah dan Koperasi BPDPKS, Helmi Muhansyah menyampaikan berbagai peluang usaha berbasis UKMK sawit yang dapat di kolaborasikan dengan Dekranasda kabupaten-kabupaten seluruh Indonesia.

“Berbagai produk berbasis turunan sawit dapat dimanfaatkan untuk dikembangkan UKMK sawit antara lain produk pangan dengan minyak sawit merah , batik yang dibuat dengan malam dari sawit, kerajinan dari lidi sawit, sabun dan lilin dari turunan sawit, helm sepeda, helm proyek,helm motor. Gula dari batang sawit hasil replanting juga bisa diusahakan, bahkan kecap dari sawit “ ungkap Helmi.

Helmi menambahkan, BPDPKS juga telah melakukan berbagai program kemitraan UKMK mulai dari workshop UKMK sawit naik kelas dengan berbagai tema pemanfaatan produk berbasis sawit, kegiatan promosi melalui Semarak UKMK Sawit dan Gebyar UKMK Sawit termasuk memberikan dukungan UKMK berbasis sawit untuk mempromosikan produknya ke luar negeri.

Selain dari BPDPKS, narasumber dalam talkshow women program adalah Ketua PKK Kabupaten Bandung Emma Dety Dadang Supriatna yang menyampaikan materi sinergi dan kolaborasi program tim PKK Kabupaten Bandung dengan Pemerintah kota Bandung dalam mendukung peningkatan UKMK dan Owner Batik Trusmi, Selly Giovanny yang menyampaikan materi Penguatan Dekranasda melalui peningkatan Kapasitas UMKM

Kegiatan talkshow diikuti Ketua Dekranasda/Ketua PKK kabupaten-kabupaten anggota Apkasi. Apkasi adalah wadah kerjasama pemerintah kabupaten seluruh Indonesia dengan jumlah anggota saat ini 416 pemerintah Kabupaten.

Reporter : Eko
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018