Minggu, 16 Desember 2018


PPKS Selenggarakan Konferensi Minyak Sawit Internasional Serukan Penggunaan Inovasi dan Teknologi

18 Jul 2018, 07:14 WIBEditor : Pimpinan Redaksi

Perubahan kurs dan perang dagang membuat fluktuasi harga dan pemasaran minyak sawit. Fakta dan ketidakseimbangan pasar sawit ini, maka pasar sawit Indonesia perlu diperluas dan menerapkan inovasi serta teknologi terkini.

 

Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian, Kementerian Koodinator Bidang Perekonomian Musdhalifah Machmud, pada  pembukaan “ The Sixth International Oil Palm Conference (IOPC 2018)” yang diselenggarakan Pusat Penelitian Kelapa Sawit, di Medan mengatakan tindakan yang dilakukan pemerintah untuk mengatasinya adalah dengan memperluas pasar baik domestik maupun ke luar negeri. Perluasan pasar di dalam negeri berupa B20 yang semula untuk PSO saja diperluas ke non PSO. Dengan cara ini maka serapan biodiesel di dalam negeri akan bertambah 1-1,5 juta kiloliter.

 

Tokoh Perkebunan Indonesia yang juga aktivis Gabungan Perusahaan Perkebunan Indonesia (GPPI) Soedjai Kartasasmita hadir dalam konferensi minyak sawit internasional yang ke 6 di Medan.

 

Tema IOPC 2018 adalah “ Smoothing the Market Disequilibria” yang mengangkat isu, fakta dan ketidakseimbangan pasar (disequilibria) kelapa sawit, diharapkan dapat menjadi langkah yang tepat melihat kondisi terkini terkait ketidakseimbangan dan ketidakpastian harga minyak sawit serta menyikapi kampanye negatif yang semakin gencar. Taglinenya adalah Innovation & technology to Chalengge the Disequilibria in the Global Market.

 

Direktur PPKS, Hasril Hasan Siregar mengatakan dewasa ini industri kelapa sawit mengalami banyak tantangan berupa perdagangan dan isu kampanye negatif. Harga minyak kelapa sawit mengalami fluktuasi harga yang terkait dengan  keseimbangan pasar minyak nabati dunia. 

 

Kampanye negatif jika tidak ditangani serius, tambahnya akan merugikan perkembangan kelapa sawit Indonesia. Berbagai kesimpangsiuran informasi negatif kelapa sawit harus ditangkal dengan penjelasan yang ilmiah maupun peranan masyarakat dan pemangku kepentingan.

 

Editor : Pimpinan Redaksi

BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018